Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Sep 2018 11:37 WIB

Rini Angkat Dirut Baru Pelindo III

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian BUMN
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengangkat Doso Agung sebagai Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III/Pelindo III (Persero). Doso menggantikan posisi I Gusti Ngurah Askhara Dana Diputra atau Ari Askhara yang ditugaskan menjadi Direktur Utama di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Doso Agung sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero)/Pelindo IV. Di bawah kepemimpinannya, Pelindo IV berkomitmen menyelesaikan Proyek Strategis Nasional (PSN) seperti Pelabuhan Merauke, Jayapura, Manokwari dan Pelabuhan Sorong di Papua.

Sedangkan PSN selain di Papua meliputi Pelabuhan Ternate, Ambon, Bitung, Kendari dan Pelabuhan Tarakan yang sebagian sudah diresmikan Menteri Rini pada Agustus lalu. Selain itu, Makassar New Port yang juga dibangun menggunakan dana PMN akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada akhir tahun ini.


Penyerahan Salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-244/MBU/09/2018 ini dilakukan oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah dan dihadiri oleh jajaran Dewan Komisaris dan Direksi Pelindo III serta pejabat dan pegawai Kementerian BUMN di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Pada acara ini pula, Rini mengukuhkan pemberhentian dengan hormat, I Gusti Ngurah Askara sebagai sebagai Direktur Utama, M. Iqbal sebagai Direktur Komersial dan Operasional, dan memberhentikan dengan hormat Husein Latief sebagai Direktur, dan Saefudin Noer sebagai Direktur dengan ucapan terima kasih atas sumbangan tenaga dan pikiran selama memangku jabatan tersebut.

Melalui penyerahan SK ini Rini mengalihkan penugasan Toto Heliyanto yang semula Direktur Human Capital and General Affair menjadi Direktur SDM dan Umum, mengangkat Joko Noerhudha sebagai Direktur Teknik, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Iman Rachman sebagai Direktur Keuangan Pelindo III.


Dengan demikian, Rini juga memberhentikan dengan hormat Doso Agung sebagai Direktur Utama Pelindo IV dan mengalihtugaskan Farid Padang yang sebelumnya Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan sebagai Direktur Utama Pelindo IV.

Rini Angkat Dirut Baru Pelindo IIIFoto: Dok. Kementerian BUMN

Farid Padang memulai karier di Pelindo IV pada tahun 1998 sebagai Pelaksana Tingkat I Penilikan Alat Apung. Sebelum menjabat sebagai Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan, ia menjabat sebagai General Manager Cabang Ambon pada tahun 2016-2017.

Penyerahan Salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-245/MBU/09/2018 ini dilakukan oleh Edwin Hidayat Abdullah Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN dan dihadiri oleh jajaran Dewan Komisaris dan Direksi Pelindo IV serta pejabat dan pegawai Kementerian BUMN di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta pada Kamis (20/9/2018). (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com