Follow detikFinance
Senin, 24 Sep 2018 19:06 WIB

Darmin: Dana Desa Tak Cuma untuk Jalan, Tapi Juga Lumbung

Tri Ispranoto - detikFinance
Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Selfie Miftahul Jannah Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Selfie Miftahul Jannah
Bandung - Pemanfaatan dana desa membantu pelaksanaan reforma agraria di Indonesia. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan dana desa tidak hanya digunakan untuk membangun infrastruktur, tapi juga untuk sektor pertanian yang terkait dengan reforma agraria

"Dana desa dari sisi infrastruktur bukan hanya untuk fisik jalan, tapi bisa juga gudang, lumbung, dryer (pengering padi)," ucap Darmin di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Senin (24/9/2018).

Bahkan, kata Darmin, pembuatan jalan tidak hanya untuk kepentingan jalan desa, tapi juga untuk memperlancar distribusi pengangkutan hasil pertanian.


"Jadi memang sejalan dana desa dalam performa reforma agraria," katanya.

Sebelumnya Darmin menyebut pola transmigrasi di era terdahulu hanya sekadar membuka lahan tanpa menyertai hal lain, misalnya modal. Sementara saat ini polanya diubah tidak hanya membuka lahan, tapi juga memberikan modal dan keterampilan.

Penggarap atau petani dalam program pemerintah saat ini bisa mendapat dukungan melalui dana desa dalam bentuk penyediaan alat produksi, bibit hingga fasilitas panca panen.


"Disamping itu mereka akan mendapatkan fasilitas kredit usaha rakyat dari Bank BUMN atau swata hingga mendapat jaminan pemasaran hasil produksi," katanya.

Darmin mengatakan presiden telah memberi arahan untuk meningkatkan perekonomian atas objek tanah melalui model klaster. Melalui model tersebut, lahan bisa dikelola secara berkelompok dengan komoditi unggulan sehingga memiliki daya saing dan skala produktifitas yang baik.



"Satu klaster bisa digarap oleh satu sampai tiga desa tergantung lahan dan jumlah petani. Dengan sistem ini kita dorong trasformasi desa dari sistem subsisten menjadi komersil. Model itu kita jalankan dalam reforma agrarian," jelas Darmin. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed