Follow detikFinance
Rabu, 26 Sep 2018 11:05 WIB

Peringati HSN, Kepala BPS: Kita Tidak Bisa Senangkan Semua Pihak

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Setiap tahunnya di tanggal 26 September diperingati sebagai Hari Statistik Nasional (HSN). Di tahun ini, HSN mengambil tema Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto dalam sambutannya menceritakan bagaimana awalnya HSN diperingati. HSN berawal dari dibentuknya Undang-undang Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik.

"26 September 1960 menjadi tonggak bersejarah setelah 15 tahun merdeka baru pertama kali memiliki landasan hukum menyelenggarakan statistik," kata Suhariyanto dalam Seminar Hari Statistik Nasional 2018 di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018).

Dalam menjalankan tugasnya, kata Suhariyanto, pihaknya tidak bisa menyenangkan semua pihak. Pasalnya data yang disajikan sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan.

"BPS tidak bisa senangkan semua pihak, tapi yang penting BPS jujur dan mempertahankan independensinya," ujar Suhariyanto.



BPS juga memuji langkah pemerintah dalam mengendalikan inflasi di level yang rendah. Namun, masih ada yang menjadi catatan untuk pemerintah yaitu membenahi neraca perdagangan yang masih defisit.

"Indikator BPS menampilkan PR-PR misalnya neraca perdagangan yang defisit," kata Suhariyanto.

Suhariyanto juga memamerkan kinerja BPS yang diakui dunia. Ia menyebutkan bahwa laman resmi BPS dievaluasi setiap tahunnya dan hasilnya menduduki peringkat kedua di Asia dan ranking 27 dari 180 negara di dunia.

"Website BPS setiap tahun selalu dievaluasi oleh kantor statistik 180 negara. Hasil penilaian 2017 web BPS sangat transparan dan cukup komplit. Di level Asia menduduki posisi kedua dan di level dunia ranking 27 dari 180 negara," kata Suhariyanto.




Saksikan juga video 'Blak-blakan Kepala BPS: Menjawab Polemik Data Kemiskinan':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed