Tiru Meksiko, Sri Mulyani Bakal Angkat Asuransi Bencana di IMF-WB Bali

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 10 Okt 2018 10:57 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Bali - Pemerintah Indonesia akan memanfaatkan momen pertemuan internasional IMF-World Bank (WB) untuk menawarkan istrumen asuransi kepada seluruh peserta dari 189 negara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku akan menyuarakan tentang asuransi bencana kepada seluruh tamu atau peserta IMF-WB di Bali.

"Indonesia menyampaikan persoalan-persoalan pembangunan yang relevan untuk Indonesia namun relevan juga utuk banyak negara, contohnya karena sekarang kita menghadapi bencana alam, maka mengenai bagaimana penanganan suatu negara menangi bencana alam," kata Sri Mulyani saat berbincang dengan detikFinance di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10/2018).

Instrumen asuransi bencana, kata Sri Mulyani diadposi dari empat negara Amerika Latin, yaitu Meksiko, Kolombia, Peru, dan Chile. Di mana keempat negara ini sudah menertapkan asuransi bencana.


Adapun, keempat negara tersebut juga merupakan negara rawan akan bencana.

"Meksiko yang sering terjadi bencana alam dalam bentuk gempa bumi, Kolombia, Peru, dan Chile, itu di Latin Amerika mereka menghadapi risiko yang sama," jelas dia.


Selain asuransi bencana, Sri Mulyani juga akan menyuaraan asuransi untuk tanaman, rumah, dan UMKM. Bahkan, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini akan melakukan komunikasi dengan pelaku industri asuransi dalam mengimplementasikannya.

"Ini sesuatu hal baru yang kami dalam menjadi tuan rumah pada saat yang sama kami juga menyampaikan Indonesia menghadapi situasi seperti ini (bencana) loh, apakah ada negara yang bisa membantu, dan siapa institusi yang menjadi katalis, itu hal-hal yang menguntungkan atau bermanfaat untuk kita," kata dia.




Tonton juga 'BI Perjuangkan 4 Tema Prioritas di Pertemuan IMF-World Bank':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/dna)