Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Okt 2018 15:20 WIB

Pertemuan Menteri Pangan ASEAN Lahirkan 3 Kesepakatan

Nabilla Nufianty Putri - detikFinance
Foto: kementan Foto: kementan
Jakarta - Pemerintah Indonesia menunjuk Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman selaku Ketua AMAF Indonesia memimpin delegasi Indonesia untuk menghadiri forum pertemuan Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan ASEAN (AMAF) ke-40 di Hanoi, Vietnam. Selain Amran, hadir pula pejabat Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Luar Negeri.

Selain pertemuan ASEAN Ministers on Agriculture and Forestry (AMAF) ke-40 (40th AMAF), para delegasi dari negara-negara anggota ASEAN, di tambah 3 negara China, Jepang, dan Korea Selatan juga menghadiri 2 pertemuan lainnya yaitu ASEAN Ministers on Agriculture and Forestry Plus Three ke-18 (18th AMAF+3) dan ASEAN-China Ministerial Meeting on Sanitary and Phytosanitary ke-6 (6th ASEAN-China MM on SPS).

"Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemantapan ketahanan pangan di kawasan, dengan menyepakati perpanjangan kerja sama ASEAN Plus Three Emergency Rice Reserve (APTERR), sebagai mekanisme penanganan keadaan bencana di kawasan ASEAN," kata Amran dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/10/2018).



Sebagai bukti komitmen kerja sama bidang pangan, para menteri melakukan penandatanganan 3 kesepakatan, yakni (1) Protokol Amandemen Perjanjian APTERR, terkait kesepakatan perpanjangan kontribusi tahunan APTERR periode 2018-2022 dan mekanisme ke depannya. Kemudian, (2) ASEAN-China MoU on Food and Agriculture Cooperation periode 2018-2023. Serta (3) MoU ASEAN-FAO on Strengthening Cooperation in Agriculture and Forestry.



Di sela-sela pertemuan AMAF, Indonesia juga berkesempatan untuk melakukan pertemuan bilateral, dengan pemerintah Brunei Darussalam. "Dengan Brunei pembicaraan kami fokus pada pengembangan pertanian di wilayah perbatasan. Khususnya untuk komoditas tanaman pangan, ternak dan sawit," ujar Amran. (mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed