Follow detikFinance
Kamis, 18 Okt 2018 11:20 WIB

Sri Mulyani Harap Lulusan STAN Mampu Jawab Tantangan Ekonomi RI

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Tangerang - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa penerimaan negara sebagian besar dipenuhi oleh pajak, bea cukai, dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Di hadapan 5.523 mahasiswa PKN STAN yang diwisuda, Sri Mulyani mengingatkan bahwa seluruh wisudawan dan wisudawati merupakan tulang punggung negara.

"Saya ingin agar PKN STAN juga bisa melahirkan para pengelola keuangan negara yang mampu menjawab tantangan Indonesia sebagai negara geografi besar, pemerataan yang perlu terus ditingkatkan, dan kemampuan untuk tahan terhadap berbagai guncangan baik berasal dari bencana alam maupun shock dari ekonomi global," kata Sri Mulyani di ICE BSD, Banten, Kamis (18/10/2018).


Tulang punggung negara yang dimaksud, kata Sri Mulyani, seluruh jurusan di PKN STAN memiliki peran penting dalam keberlangsungan Indonesia.

Seperti Pajak, Bea Cukai menjadi pengumpul penerimaan negara, dan lulusan lainnya merupakan pengelola, pengawal, serta penjaga keuangan negara.

"Kita bicara berbagai aspek dari keuangan negara. Para mahasiswa yang diwisuda hari ini ada yang masuk kelompok dari penerimaan negara pajak dan bea cukai. Anda semua bersama adalah tulang punggung utama dan berjalannya Republik Indonesia (RI)," jelas dia.


Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga menuturkan bahwa setiap rupiah yang dikeluarkan oleh negara harus dipastikan memberikan dampak baik buat masyarakat.

"Dalam dimensi keuangan negara, kita memiliki pembiayaan, kita harus mampu kelola investasi, utang negara, mengelola perbendaharaan negara, agar mampu menjaga ekonomi kita terbebas dari beban masa depan dan risiko yang tidak bisa kita kelola secara sustainable," ujar dia.




Tonton juga 'Sri Mulyani Dorong Perempuan Jadi Penggerak Perekonomian':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed