Follow detikFinance
Sabtu, 20 Okt 2018 14:05 WIB

Cerita CEO Transmart: Tetap Buka Bantu Pengungsi Pasca Gempa

Christallia Lie - detikFinance
Foto: Dok. Transmart Carrefour Foto: Dok. Transmart Carrefour
Palu - Gempa dan tsunami yang menerjang kawasan Palu, Donggala serta sekitarnya, mengisahkan banyak cerita pilu. Tak terkecuali pada gerai Transmart di Palu, yang menjadi salah satu bangunan terkena dampak bencana.

Meskipun suasana duka masih terasa, masyarakat Palu, Donggala dan sekitarnya bersemangat untuk dapat segera kembali bangkit dan melanjutkan kehidupan.

Terbukti dari adanya dorongan keinginan masyarakat Palu yang tergabung dalam komunitas-komunitas lapisan masyarakat untuk mendukung Transmart Palu kembali beroperasi melayani pelanggan untuk berbelanja memenuhi kelengkapan kebutuhan harian seraya membantu menggerakkan roda perekonomian.

"Kami sangat bersyukur bahwa Palu, Donggala serta semua lokasi yang terkena bencana sudah berada dalam kondisi yang lebih aman. Kami tahu betapa tidak mudah menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami yang sangat dahsyat ini," ujar CEO PT Trans Retail Indonesia, Shafie Shamsuddin, pada Sabtu (20/10/2018).

Cerita CEO Transmart: Tetap Buka Bantu Pengungsi Pasca GempaCEO Transmart di area belanja (Foto: Dok. Transmart Carrefour)

Sempat tutup dan menghentikan layanan terhadap para pelanggan, Shafie menyampaikan alasan pihak Transmart Palu mengambil keputusan tersebut.

"Keamanan adalah prioritas nomor satu. Kami tidak akan berkompromi untuk tetap buka pasca kejadian bencana sebelum dapat dipastikan area belanja aman, demi keselamatan para karyawan maupun pelanggan kami," papar Shafie.

Seminggu pasca gempa, Transmart Palu sudah mulai kembali beroperasi dalam kondisi penuh keterbatasan, memenuhi permintaan segenap lapisan masyarakat Palu. Namun, saat itu pelanggan hanya bisa berbelanja dari luar gedung Transmart Palu, di booth yang berada di area parkir.

Belanja pun tak leluasa, pasalnya pelanggan hanya bisa membuat daftar belanja dan karyawan Transmart yang masuk ke dalam untuk mengambil belanjaan, demi keamanan.

"Tapi kini kondisinya sudah lebih membaik, kami sudah meningkatkan pasokan barang dan kebutuhan untuk melayani permintaan kota Palu dan berangsur mengembalikan harga kembali normal. Meski saat kembali operasi kami juga tidak menaikkan harga," jelas Shafie.

Tak luput, ungkapan terima kasih pun dilontarkan Shafie CEO kepada seluruh tim yang bertugas di Palu,

"Saya pribadi sangat berterima kasih kepada jajaran manajemen serta seluruh tim operasional yang bertugas di Palu atas ketangguhan, pengorbanan, keberanian dan kerja kerasnya, yang tetap berupaya mengoperasikan kembali gerai Palu dan melayani pelanggan dengan sepenuh hati," ungkapnya.

Transmart Palu kini telah mulai kembali melayani pelanggan dengan lebih baik dari sebelumnya pasca gempa. Meski masih dalam tahap pemulihan, namun kini pelanggan sudah bisa kembali belanja di dalam area belanja Transmart.

"Tim kami sudah melakukan pemeriksaan, bahwa kondisi area belanja telah aman untuk para pelanggan," imbuh Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid.

Di area belanja Transmart Palu, para pelanggan Transmart Carrefour dapat kembali berbelanja dengan nyaman aneka produk segar seperti daging, buah dan sayuran, serta beragam produk kebutuhan sehari-hari lainnya, seperti barang-barang sembako. Tak ketinggalan, produk-produk elektronik harian pun sudah kembali tersedia.

Aneka pakaian dan produk-produk kelengkapan rumah tangga sudah kembali ditata apik, sehingga pelanggan dapat kembali memenuhi seluruh kebutuhannya dengan nyaman.

"Jam buka toko sudah kembali normal, yaitu mulai 10 pagi hingga 10 malam," pungkas Satria. (idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed