Follow detikFinance
Rabu, 24 Okt 2018 10:26 WIB

Jokowi Buka Trade Expo Indonesia ke-33 di BSD

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya/detikcom Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Tangerang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini menjadi orang penting yang membuka acara Trade Expo Indonesia (TEI) yang ke-33. Jokowi membuka pameran perdagangan ini secara simbolis dengan memukul gendang.

Acara yang diluncurkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang 24-28 Oktober 2018. Kegiatan ini sebagai upaya strategis dan komitmen untuk meningkatkan ekspor Indonesia.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan acara TEI 2018 ini akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi.

"Terima kasih, di tengah kesibukannya sebagai kepala negara, memberikan ketersediaan waktu untuk membuka Treade Expo, ini menunjukkan komitmen kepala negara," kata Enggar di ICE BSD, Banten, Rabu (24/10/2018).


Enggar menyebut, nilai transaksi dalam acara ini ditargetkan sebesar US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 20 triliun atau meningkat dari penyelenggaraan di tahun lalu nilai transaksi TEI mencapai US$ 1,4 miliar.

Enggar melanjutkan, TEI ke-33 tahun 2018 juga menjadi acara besar yang tidak menggunakan anggaran dari APBN.

"Ini untuk kedua kalinya penyelenggaraan TEI tanpa APBN," jelas dia.


Sebelumnya, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Arlinda menjelaskan kegiatan ini akan mengajak 1.110 peserta pameran untuk ikut berpartisipasi. Selain itu, ditargetkan akan ada 28 ribu pengunjung yang datang untuk melihat lebih dari 300 produk yang ditampilkan.

"Kami tampilkan 300 produk dan jasa yang dibagi menjadi 8 zona, yaitu kuliner nusantara, craft dan lifestyle product, furniture, creative products and service, manufaktur, strategic industry, food and beverages dan local champion products," sambungnya. (hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed