Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 26 Okt 2018 10:37 WIB

Jokowi Bagikan Rp 3 T Dana Kelurahan, Dipakai untuk Apa?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Luthfy Syahban Foto: Luthfy Syahban
Jakarta - Kementerian Keuangan lewat Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan telah sepakat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR mengenai dana kelurahan yang masuk dalam RAPBN 2019.

Direktur Dana Perimbangan Kementerian Keuangan Putut Hari Satyaka mengatakan, dana kelurahan yang disetujui sebesar Rp 3 triliun yang masuk dalam pagu dana alokasi umum (DAU).

Putut mengungkapkan, dana kelurahan bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah (Pemda) untuk berbagai macam kegiatan khususnya sarana dan prasarana, hingga pemberdayaan masyarakat.

"Tambahan DAU ini adalah dukungan bagi Pemda untuk penganggaran bagi kelurahan dalam pembangunan sarpas (sarana-prasarana) dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan," kata Putut saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (26/10/2018).


Banggar DPR dan pemerintah telah menyetujui anggaran transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) masuk postur RAPBN tahun 2019 sebesar Rp 826,9 triliun.

Di mana rinciannya untuk dana transfer ke daerah sebesar Rp 756,9 triliun, dan dana desa sebesar Rp 70 triliun. Khusus dana kelurahan masuk ke dalam pagu dana transfer ke daerah melalui alokasi DAU.

"Sebagaimana yang disampaikan dalam rapat Panja DPR, bahwa dana kelurahan yang dialokasikan melalui tambahan DAU sebesar Rp 3 triliun," ungkap dia.

Putut mengungkapkan, dana kelurahan yang baru aktif pada tahun 2019 ini juga akan disebar ke 8.212 kelurahan yang ada di kabupaten/kota.






Tonton juga 'Dana Kelurahan Diperdebatkan, Jokowi: Ini Untuk Rakyat':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed