Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 31 Okt 2018 09:46 WIB

Papua akan Jadi Percontohan Siskamling Biru, Apa Itu?

Aditya Mardiastuti - detikFinance
Foto: (Thinkstock) Foto: (Thinkstock)
Nusa Dua - Konferensi Laut Dunia atau Our Ocean Conference (OOC) 2018 telah menghasilkan sejumlah kesepakatan untuk pelestarian laut. Salah satunya yaitu dibentuknya Siskamling Biru. Seperti apa?

Model Siskamling Biru ini merupakan model perlindungan kawasan laut dengan menjaga keberlanjutannya dilihat dari sisi ekonomi yang melibatkan pemerintah lokal (pemberi konsensi) dan para nelayan.

"Ini bisa membuat masyarakat mempunyai rasa kepemilikan yang tinggi terhadap wilayah mereka. Saya yakin model ini bisa sangat cocok untuk diterapkan di banyak negara lain," kata Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Selasa (30/10/2018).



Di lokasi yang sama, Vice President Conservation International (CI) Indonesia, Ketut Sarjana Putra menjelaskan soal kerja sama yang dilakukan dalam menciptakan model penangkapan ikan dan perikanan berkelanjutan yang dinamakan Blue Halo S tersebut. Pertemuan ini juga diikuti pasangan Andrew and Marit Miners pemilik Misool Eco Resort, Raja Ampat.

"Sistem ini memadukan Kawasan Perlindungan Laut (Marine Protected Area/MPA) dengan konsesi perikanan yang berkelanjutan dan pembiayaan gabungan (blended finance). Blue Halo S atau Siskamling Biru program ini memberikan kredit mikro kepada berpotensi lebih dari enam juta nelayan untuk meningkatkan mata pencaharian mereka," ujar Ketut.

Ketut menambahkan model ini telah berjalan hampir 10 tahun. Sistem ini memberikan blue bond dan mikro kredit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Rencananya prototipe pertama Siskamling Biru akan diterapkan di 4,6 juta hektare kepala burung di laut barat Provinsi Papua.




Tonton juga 'Ini Kata Menteri Susi Soal Baju Motif Ikan yang Dipakainya di OOC 2018':

[Gambas:Video 20detik]

(ams/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed