Direktur Tekniknya Dicopot Menhub, Ini Respons Presdir Lion Air

ADVERTISEMENT

Direktur Tekniknya Dicopot Menhub, Ini Respons Presdir Lion Air

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Rabu, 31 Okt 2018 13:26 WIB
Presdir Lion Air Edward Sirait/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Direktur Teknik Lion Air dan pegawai teknisi yang menangani penerbangan pesawat JT 610 dengan rute Jakarta-Pangkalpinang dibebastugaskan alias dicopot.

Presiden Direktur Lion Air Edward Sirait mengatakan perusahaan siap mengikuti permintaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk melakukan hal tersebut.


"Jadi Pak Menteri (Menteri Perhubungan Budi Karya) minta, kami akan laksanakan apapun arahan dan keputusan dari pemerintah dalam hal ini Kemenhub," kata Edward kepada detikFinance, Rabu (31/10/2018).

Dia menjelaskan, Direktur Teknik bertanggung jawab terhadap segala bentuk perawatan armada pesawat. Edward juga mengatakan pencopotan itu akan segera diproses hari ini.


"Kita proses hari ini, kita akan laksanakan. Direktur Teknik tugasnya merawat pesawat. Dia yang bertanggung jawab mengenai perawatan pesawat," jelas pria yang akrab disapa Edo itu.

Sebelumnya, Budi Karya mengungkapkan alasan pencopotan Direktur Teknik Lion Air karena kasus jatuhnya pesawat JT 610 jurusan Jakarta-Pangkalpinang.

"Iya (karena kecelakaan)," kata Budi Karya di JIEXPO Kemayoran.


Budi mengaku, sanksi pencopotan juga berlaku terhadap para pegawai teknisi dan yang terlibat dalam pengoperasian JT 610.

"Hari ini kita akan membebastugaskan Direktur Teknik Lion. Kita bebas tugaskan supaya diganti dengan orang yang lain, juga perangkat-perangkat teknik yang waktu itu merekomendasi penerbangan itu," ungkap dia.



Tonton juga 'Jenazah Korban JT 610 Tak Utuh jadi Kendala Identifikasi':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT