Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 31 Okt 2018 19:22 WIB

KNKT akan Panggil Direktur Teknik Lion Air yang Dicopot

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Eko Susanto/detikcom Foto: Eko Susanto/detikcom
Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bakal memanggil eks Direktur Teknik Lion Air Muhammad Asif yang kini telah dicopot dari jabatannya. Pemanggilan dalam rangka meminta penjelasan soal insiden jatuhnya pesawat JT 610 yang jatuh Senin kemarin.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya hanya sekadar melakukan wawancara atau interview untuk mendapatkan penjelasan. Dia tak ingin langkah pemanggilan itu disebut dengan pemeriksaan.

"Bukan pemeriksaan, kita normal interview. Kalau periksa kan seolah-seperti apa gitu. Ini interview, standar. Jadi yang terlibat itu selalu, kita hampir setiap ada accident pesawat selalu kita panggil, Direktur Operasi, Direktur Teknik, mekaniknya, itu standar, selalu begitu kok," katanya kepada detikFinance, Rabu (31/10/2018).


Untuk kasus Lion Air sendiri, kata Soerjanto, pihaknya tak hanya akan memanggil bekas Direktur Operasi, namun juga beberapa pihak lainnya. "Banyak nanti, pramugari, pilot yang terbang dari Denpasar ke Jakarta, terus teknisi yang periksa di Denpasar, yang periksa di Jakarta, banyak nanti. Kita interview, bukan pemeriksaan," ujarnya.

Soerjanto mengatakan, dalam pemanggilan tersebut pihaknya akan bertanya mengenai tugas serta tanggung jawab yang dilakukan setiap orang. Dia mengatakan, hal ini diperlukan KNKT untuk bisa mengumpulkan informasi serta data-data yang dibutuhkan dalam investigasi.



"(Jadi) menyangkut tanggung jawab dia sebagai organisasi di situ. apakah dia paham tupoksinya seperti apa, bagaimana quality sistemnya, ya macam-macam lah. Hari ini kita baru wawancarai nakhoda kapal yang melihat. Kita sebatas hanya pengumpulan data-data saja," tuturnya. (fdl/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed