Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 12 Nov 2018 10:50 WIB

Hari Pahlawan, Sri Mulyani Kenang Jajarannya yang Gugur

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pagi ini melaksanakan upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November. Upacara berlangsung tertutup di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta.

Ditemui usai upacara yang berlangsung pukul 8.00 WIB, Sri Mulyani memberi pandangan soal makna Hari Pahlawan. Menurut dia, memperingati Hari Pahlawan bukan sekedar melakukan rutinitas upacara setiap 10 November.

"Tidak hanya upacara setiap tanggal 10 November tapi betul-betul merenungkan, menyerapi dan memahami, dan menjalankan value kepahlawanan itu," katanya Senin (12/11/2018).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebutkan, masyarakat perlu mencontoh nilai-nilai kepahlawanan untuk memberikan kontribusi positif buat negara.

Sri Mulyani mencontohkan, pertama, mereka sangat loyal terhadap cita-cita yang ingin dicapai, yakni cita-cita untuk membangun Indonesia. Mereka juga tidak kenal takut, yang mana keberanian itu merupakan elemen penting. Selain itu mereka juga tidak mudah menyerah.


Hal itu pun menurutnya patut diadopsi oleh jajaran di kementerian yang dia pimpin. Dalam hal ini untuk mengelola keuangan negara agar berguna buat kemajuan bangsa.

"Jadi 3 elemen ini kalau kita lihat di dalam konteks hari ini adalah integritas itu sebagai fondasi kita di dalam Kementerian Keuangan, bagaimana kita memiliki suatu daya juang dan ini adalah lahan perjuangan kita dalam mengelola keuangan negara untuk menjadi instrumen yang baik," jelasnya.

Dia menganggap nilai nilai kepahlawanan yang ada dulu masih relevan hingga sekarang. Oleh karenanya dalam memperingati Hari Pahlawan ini, dia ingin nilai-nilai tersebut bisa diikuti oleh jajarannya.

"Dan saya harap itu juga dirasakan oleh Kementerian Keuangan. Tentu tadi kita juga mendoakan pahlawan tapi juga mendoakan para jajaran Kementerian Keuangan yang sudah meninggal dalam tugas mereka ya," tambahnya.






Tonton juga 'Menggelegar! Risma Bacakan Puisi Peringati Hari Pahlawan':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed