Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 13 Nov 2018 15:46 WIB

Jelang Akhir Tahun, Serapan Anggaran Kemenhub Belum 70%

Lisye Sri Rahayu - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan serapan anggaran kementeriannya hingga saat ini hampir mencapai 70%. Adapun total pagu anggaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun 2018 ialah sekitar Rp 48 triliun.

"Kalau sekarang ini (serapan anggaran) kira-kira mendekati 70%" kata Budi Karya usai rapat kerja di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018).

Serapan pagu anggaran ini tercatat meningkat sejak Juni kemarin. Pada Juni lalu, serapan anggaran Kemenhub baru sekitar 22,78% atau sekitar Rp 10,98 triliun dari total pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

Untuk tahun lalu atau 2017, serapan anggaran Kemenhub sendiri hanya sampai 87%. Sementara untuk tahun ini Kemenhub menargetkan bisa menyerap anggaran sampai 92%.


"Penyerapan kita tahun lalu itu 87%. Tahun ini kita harapkan menjadi 92%. Penyerapan relatif lebih baik dari tahun lalu," jelasnya.

Dia mengatakan cukup sulit untuk bisa benar-benar menyerap anggaran hingga 100%. Masih ada sejumlah kendala yang dihadapi Kemenhub untuk merealisasikan itu, khususnya karena masalah pembebasan lahan.

"Bahwa ada yang tidak maksimal 100% masih dijumpai tapi berkaitan dua hal. Satu, alokasi mengenai personalia yang tadinya sudah dialokasikan mundur. Yang kedua karena pembebasan tanah," tuturnya.




Tonton juga 'Apresiasi Menhub untuk Petugas Posko Mudik':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed