Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Nov 2018 20:47 WIB

Kantongi Rp 42 Triliun, Hutama Karya Bisa Bangun Tol 450 Km

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pemerintah akan membuat holding infrastruktur dan PT Hutama Karya menjadi induknya. Dengan menjadi induk holding, Hutama Karya diharapkan bisa membantu keuangan anggota holding.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan holding akan memperkuat kinerja perusahaan secara keseluruhan.

"Jadi saya tidak membahas keuangan mereka (anggota holding), tapi satu sisi kenapa saya katakan bahwa dengan ada holding memperkuat posisi keuangan secara kesulurahan," kata Bintang di Kementerian BUMN Jakarta, Kamis (15/11/2018).


Bintang menjelaskan, Hutama Karya saat ini memiliki keuangan yang kuat. Dia menjelaskan, pada Oktober 2018 alu DPR telah mengetok APBN 2019 yang isinya menyetujui penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 10,5 triliun.

Dengan PMN ini, Hutama Karya bisa meraih pendanaan yang lebih besar. Pada pertemuan IMF World Bank lalu, Hutama Karya memperoleh tambahan dana sebesar Rp 32 triliun.

"Pada IMF kemarin di Bali, kami sudah menandatangani yang disebut perjanjian kredit dengan bank nasional maupun internasional. Ada sindikasi MUFG, ICBC, CIMB Niaga, Himbara, Bank Mega itu tandatangan adalah Rp 32 triliun," katanya.


Jika ditotal, Hutama Karya memiliki uang mencapai Rp 42 triliun dan bisa digunakan membangun tol sepanjang 450 km. Artinya, Hutama Karya bisa mempercepat program pemerintah serta mendorong kinerja anggota holding nantinya.

"Sehingga dari equity tadi mempunyai uang untuk siap bangun jalan tol Sumatera terus program pemerintah itu adalah Rp 42 triliun. Uang itu akan bisa digunakan membangun 450 km. Jadi itu program pemerintah makin cepat terselesaikan," paparnya.

"Tadi, kesulitan keuangan itu kalau sudah dapat holding, kita bisa bantu ke anak-anak perusahaan. Jadi apa yang dikhawatirkan teman-teman Insya Allah tidak terjadi. Tidak mungkin pemerintah melakukan holding untuk susahkan anggota holding," terang Bintang.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed