Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 18 Nov 2018 17:14 WIB

Bisnis Kebun di Akuarium

Tips Sukses Bikin Kebun di Akuarium

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Buyung, pebisnis Aquascape (Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance) Foto: Buyung, pebisnis Aquascape (Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance)
Jakarta - Membuat kebun di akuarium atau aquascape bisa dibilang tak mudah. Sebab, supaya bisa disebut aquascape, ekosistem di akurium mesti benar-benar hidup secara alami. Lantas, bagaimana caranya?

Pegiat aquascape Buyung Noppy (35) berbagi tips supaya pembuatan kebun air ini berjalan sukses. Membuat kebun air ini mesti dilakukan secara bertahap.

Awalnya, yang mesti disiapkan ialah akuarium, filter, dan lampu. Semua ini banyak dijual di toko ikan ataupun online. Selanjutnya, baru membeli pasir, batu dan kayu.

"Pulang dulu set up konsep dulu layoutnya," kata dia kepada detikFinance di Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (13/11/2018).

Setelah konsep matang, baru membeli tanaman serta ikan untuk dimasukkan ke dalam akuarium. "Ikan beli terakhir setelah semua kepasang belinya kontinu," ungkapnya.


Lebih detil lagi, dia memaparkan, supaya ekosistem hidup, mulanya menyusun dasar akuarium. Pada bagian bawah dilapisi rumah bakteri. Rumah bakteri ini wujudnya ialah batu berongga. Lapis kedua ialah pupuk sebagai bahan pangan tanaman. Lapis ketiga ialah pasir.

Tips Sukses Bikin Kebun di AkuariumFoto: Buyung, pebisnis Aquascape (Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance)


Baru setelah itu menyusun desain sesuai selera. Di dalam aquascape sendiri ada macam-macam konsep.

"Setiap artis aquascape punya signature ada natural, ada yang di Wagumi. Kalau di sini natural dan memang di hutan," ujarnya.

Untuk airnya, Buyung mengatakan, bisa menggunakan air sumur atau PDAM. Air sumur memiliki kualitas yang lebih baik. Air PDAM bisa digunakan asal diendapkan terlebih dahulu untuk menghindarkan kaporit. (erd/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed