Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Nov 2018 10:46 WIB

Mau Beralih Jualan Online, IKEA PHK 7.500 Karyawan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
Jakarta - Peritel perabot rumah tangga asal Swedia, IKEA saat ini sedang melakukan perombakan organisasi bisnisnya secara global. IKEA saat ini sedang membidik pelanggan di perkotaan yang malas datang ke gudang-gudang mereka yang besar.

Karena itu, melalui Ingka Group sebuah perusahaan yang memiliki merek dagang dan mengoperasikan sejumlah gudang besar IKEA akan memangkas 5% tenaga kerja di seluruh dunia. Ini artinya ada sekitar 7.500 karyawan yang akan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Perusahaan nantinya akan mengalihkan konsep penjualan menjadi toko-toko kecil dan ke toko online.

"Kami mengakui saat ini bisnis ritel berubah sangat cepat, bahkan belum pernah kami alami sebelumnya," kata CEO Ingka Group Jesper Brodin dikutip dari CNN, Kamis (22/11/2018).

Dia menjelaskan saat ini perilaku pembeli dan pelanggan memang berubah sangat cepat. Perusahaan berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang kini lebih menyukai berbelanja menggunakan toko online.


Pemangkasan karyawan ini terjadi di bagian administrasi dan helper. IKEA menyebut sekitar 75 pekerjaan akan dihapus dari toko atau gudang yang ada di Amerika Serikat (AS).

Namun, ketika ada penghapusan jenis pekerjaan, IKEA juga berencana untuk membuka posisi pekerjaan baru. Reorganisasi itu diprediksi akan menciptakan 11.500 pekerjaan baru karena adanya perluasan format toko kecil dengan konsep baru di seluruh dunia.

Ingka saat ini memiliki 367 toko IKEA dan mempekerjakan 160.000 orang dari 208.000 tenaga kerja keseluruhan IKEA.


"Kami saat ini akan memaksimalkan dan meningkatkan kualitas gerai kami yang sudah ada. Kami terus memperbaharui bisnis dengan mempelajari sejarah, budaya dan nilai-nilai yang ada saat ini," kata Brodin.

Sekedar informasi, belum lama ini IKEA telah membuka toko pertamanya di India. Mereka berencana untuk menambah 25 unit lagi toko di sana.


Tonton juga 'Cara Bikin Produk Terlihat Lebih Menarik saat Jualan Online':

[Gambas:Video 20detik]

(kil/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed