Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 24 Nov 2018 13:50 WIB

Punya Rp 50 Ribu Mau Beli Bakso, Bisa Dapat Segini Lho

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Foto: Herdi
Jakarta - Setelah Titiek Soeharto yang mengkritik kondisi ekonomi saat ini dengan menyebut uang Rp 50 ribu sekarang bisa dapat apa, kini giliran Kepala Bidang Advokasi dan Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Habiburokhman yang mengkritik ekonomi Indonesia.

Pendukung paslon Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno itu mengunggah struk makan bakso di Twitter. Dalam tweet-nya, Habiburokhman menyebut uang Rp 50 ribu tak cukup untuk membeli bakso buat dua orang.

"Lapor Oom, duit 50 ribu kagak cukup u jajan bakso dua orang," cuit Habiburokhman seperti dilihat detikcom, Jumat (23/11/2018).

Penasaran untuk mengecek apakah benar uang Rp 50 ribu tak bisa digunakan untuk membeli bakso untuk dua orang, detikFinance pun mencobanya. detikFinance, mencoba membeli bakso untuk porsi dua orang di beberapa gerai dan tempat wilayah Jakarta.

Pertama-tama, detikFinance mencoba membeli bakso di sebuah gerai Es Teler 77 Mal Poin Square, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Di sana, detikFinance memesan 2 mangkuk bakso. Ternyata, harga dua mangkuk bakso tersebut tak sampai Rp 50.000.


Satu mangkok bakso kuah original yang berisi lima buah bakso, sayuran, dan kuah dihargai Rp. 21.818. Total harga yang yang dikeluarkan untuk membeli dua mangkuk bakso tersebut hanya Rp. 43.636 saja. Bila ditambah dengan pajak, maka total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 48.000.

Harga 2 Mangkuk Bakso Original di Es Teler 77Harga 2 Mangkuk Bakso Original di Es Teler 77 Foto: Herdi

Lain di mall lain lagi di kedai, detikFinance kemudian mencoba salah satu bakso pinggir jalan, yakni Kedai Bakso Urat Mas Bewok di bilangan Karang Tengah, Jakarta Selatan. Harga seporsi bakso hanya Rp. 15.000, ragam harga yang ditawarkan berkisar dari Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000.

Bakso urat original tersebut satu porsinya berisi tiga bakso kecil, satu bakso urat besar, sayuran, mie, serta kuah. Harga dua porsinya hanya Rp 30.000, masih bisa untuk membeli membeli dua minuman berupa es teh yang harga satu gelasnya hanya Rp 5.000.

Tak sampai di situ, detikFinance juga membeli bakso yang dijajakan oleh tukang bakso keliling. Untuk bakso keliling harganya lebih murah lagi, harga yang dipatok untuk semangkuk bakso hanya Rp. 10.000. Seporsinya berisi 5 bakso kecil, satu bakso besar, sayuran, dan mie. Dengan uang Rp 50.000, kita bisa membeli 5 mangkuk bakso keliling tersebut.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com