Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 06 Des 2018 16:37 WIB

Dua BUMN Kerja Sama Dongkrak Produksi Ikan Nasional

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Potensi hasil laut di Indonesia dikenal sangat melimpah dengan hasil tangkapan ikan yang seolah tidak ada habisnya. Para nelayan pun tak kenal lelah mengarungi lautan luas untuk mendapatkan hasil tangkapan yang laris manis untuk dijual di pasar.

Namun, seringkali potensi tangkapan ikan yang melimpah terkendala terbatasnya sarana pendukung industri perikanan. Salah satunya adalah cold storage atau fasilitas pendingin ikan untuk menjaga kesegaran ikan.

Kehadiran cold storage di setiap titik distribusi amat dibutuhkan untuk menjaga kesegaran ikan lebih lama sampai ke pembeli.


Menjawab tantangan tersebut, PT Widar Mandripa Nusantara meneken kerja sama strategis dengan PT Perusahaan Perikanan Nusantara atau Perinus sebagai mitra strategis pengembangan cold chain.

Widar merupakan anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN yang bergerak di bidang jasa ketenagalistrikkan.

Melalui kerja sama dengan Perinus, Widar berupaya menyokong kemajuan industri perikanan nasional.

"Dengan kerjasama ini pun menunjukkan adanya sinergi BUMN," kata Direktur Utama Widar Mandripa, Rizal Wibisono dalam keterangan tertulis, Kamis (6/12/2018).

Penandatanganan notakesepahaman dilakukan oleh Direktur Keuangan, Umum dan SDM Perinus, Ridwan Zachrie dan Direktur Utama Widar Mandripa Nusantara, Rizal Wibisono.

Dalam kerangka kerjasama, Widar berkomitmen menyediakan energi listrik dan pendingin. Pasokan itu akan memanfaatkan aplikasi Co/Tri-Generation yang menjamin tingkat efisiensi tinggi. Ridwan mengungkapkan pasokan energi listrik dari Widar berupa konversi dari gas alam cair.

"Itu untuk fasilitas atau sarana produksi milik Perinus di Indonesia Tengah dan Indonesia Timur," tambahnya.


Untuk wilayah Indonesia Tengah, lanjut Ridwan, meliputi Gorontalo, Bitung, Talaud. Sedangkan di Indonesia Timur meliputi Bacan, Sorong, Ambon.

"Dengan pasokan energi listrik dan pendingin yang efisien dari Widar, ongkos operasional Perinus tentunya akan terpangkas, sehingga kian kompetitif," ujar Rizal.

Ke depan, realisasi kerjasama akan melalui tahap kajian lapangan terlebih dulu. Pengkajian tersebut meliputi unit usaha di Talaud yang telah dikelola Perinus.



Tonton juga ' Puluhan Warga Berburu Ikan Mabuk di Kali Jagir Surabaya ':

[Gambas:Video 20detik]

Dua BUMN Kerja Sama Dongkrak Produksi Ikan Nasional
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed