Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Des 2018 03:42 WIB

Laporan dari Katowice

Susi di COP24: Laut Tidak Butuh Kita, Kita yang Butuh Laut

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Foto: Angga Aliya ZRF/detikFinance Foto: Angga Aliya ZRF/detikFinance
Katowice - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti menjadi salah satu pembicara di The 24th session of the Conference of the Parties (COP 24) yang digelar oleh United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) di Katowice, Polandia.

Pada kesempatan itu Susi mengajak para pemangku kepentingan di berbagai negara untuk mulai lebih serius memperhatikan keberlangsungan laut.

"Sekarang ini bagus, sudah banyak negara yang mulai sadar bahwa laut itu sangat penting. Laut tidak butuh kita, justru kita yang butuh laut," kata pemilik Susi Air ini di Katowice, Polandia, Sabtu (8/12/2018).

Menurut Susi saat ini ekosistem laut sudah terancam banyak masalah, mulai dari temperatur udara yang semakin hari semakin naik hingga penangkapan ikan yang tidak sesuai aturan alias illegal, unreported and unregulated (IUU) fishing.

"Ini harus menjadi perhatian dunia bawah penangkapan ikan yang sembarangan bisa sangat merusak dan ini terjadi di mana-mana," ujarnya.

Susi mengatakan, selama empat tahun terakhir Indonesia sudah berperang melawan IUU fishing. Memang bukan hal yang mudah, namun hasilnya bisa dibilang menggembirakan.


"Jumlah ikan bertambah, biomass naik hingga 300%, konsumsi BBM nelayan lebih hemat 37%. Kalau laut lebih sehat maka ekonomi akan lebih baik," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Susi juga menyampaikan hasil Our Ocean Conference 2018 yang digelar di Bali dua bulan lalu.

"Kami berhasil mengumpulkan 300 komitmen dengan nilai lebih dari US$ 10,7 miliar dan menghasilkan 14 juta kilometer persegi wilayah konservasi laut," jelasnya.

(ang/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed