Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 11 Des 2018 15:33 WIB

Jokowi Kenang Pangkas Subsidi saat Baru Jadi Presiden

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenang hari-hari pertamanya saat menjadi orang nomor satu di Indonesia. Tak lama setelah menjabat, Jokowi memangkas belanja subsidi dan mengalokasikannya untuk belanja yang lebih produktif seperti untuk pembangunan infrastruktur.

"Saat itu kita memutuskan subsidi BBM kita pangkas dan dialihkan kepada belanja produktif. Belanja-belanja operasional kita alihkan ke belanja produktif," kata Jokowi di Istana, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018).


Jokowi mengakui bahwa mengubah struktur fiskal ke sektor yang lebih produktif bukan hal yang mudah. Pola yang digunakan sebelumnya untuk belanja subsidi kemudian dialihkan ke sektor produktif.

"Saya akui upaya untuk mengawal fiskal dan ekonomi lebih produktif bukan pekerjaan yang mudah dan banyak pihak sudah bekerja keras untuk menyelesaikan ini," tutur Jokowi.


Jokowi mengucapkan terima kasih kepada para pejabat yang terlibat dalam pengubahan besar anggaran subsidi, salah satunya para akuntan.

"Saya tahu bapak ibu punya peran yang penting dalam upaya pengalihan tadi, dari konsumtif jadi produktif. Untuk itu saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya," ujar Jokowi.


Tonton juga 'Alasan Jonan Usul Subsidi Pasang Listrik':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed