Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Des 2018 20:22 WIB

Aturan Baru Taksi Online akan Disosialisasi Januari 2019

Saifan Zaking - detikFinance
Ilustrasi taksi online:Foto: Dana Aditiasari/detikFinance Ilustrasi taksi online:Foto: Dana Aditiasari/detikFinance
Jakarta - Aturan baru taksi online sudah masuk ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), dan sosialisasinya akan dilakukan di awal 2019.

"Mungkin ya awal tahun, Januari, awal tahun depan dilakukan sosialisasi," jelas Direktur Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi kepada detikFinance, Kamis (13/12/2018).

Ia menjelaskan, peraturan yang telah ditandatangani akan memasuki tahap sosialisasi ke beberapa daerah.


"Kalau sudah selesai tinggal sosialisasi ke daerah-daerah tapi kalau sosialisasi kayaknya agak terlambat karena tanggal 20 ini kan sudah masuk liburan, di daerah juga udah sibuk juga," tambahnya.

Budi berharap proses di Kementerian Hukum dan HAM bisa segera diselesaikan, sehingga aturan itu bisa segera berlaku. Apalagi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah menandatangani aturan tersebut.

"Sudah saya paraf, pak Menteri (Budi Karya) tanda tangan, kalau nggak telat besok pasti udah langsung ke KemenkumHAM hanya untuk semacam pengesahan untuk dijadikan UU tadi, berarti minggu ketiga sudah selesai," tuturnya.


Aturan baru itu merupakan pengganti dari Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Permenhub itu resmi dicabut oleh Mahkamah Agung atau MA pada 31 Mei 2018.

Peraturan baru mengenai taksi online tersebut akan diajukan ke Kemenkumham pada minggu depan dan ditargetkan rampung akhir tahun.

"Minggu depan sudah kita ajukan kepada Kemenkumham, mudah-mudahan di akhir Desember ini dapat kita selesaikan," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed