Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 31 Des 2018 15:00 WIB

Bencana Alam Bikin Pendapatan Hotel Merosot 30%

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: dok detikcom Foto: dok detikcom
Jakarta - Bencana alam mengganggu rencana liburan akhir tahun di Indonesia. Wisatawan yang akan menginap di hotel pun akhirnya membatalkan kamar yang telah dipesan.

Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Maulana Yusran berkata bahwa pendapatan hotel akhir tahun ini menurun hingga 30%.

"Turunnya bisa 30 persenan karena kan kita ini di dominasi oleh domestik, makanya pengaruh terhadap setiap destinasi," jelasnya kepada detikFinance, Senin (31/12/2018).



Dia bilang dengan adanya bencana, pendapatan yang diterima sudah pasti berkurang. Sebab, akhir tahun merupakan puncak penerimaan pendapatan hotel.

"Sudah pasti lah pendapatan pasti berkurang, akhir tahun itu di sektor pariwisata, akhir tahun itu karena dia merupakan holiday, itu menjadi peak season, kalau ada peak season tentu pasti terjadi peningkatan pendapatan," tuturnya.

Maulana juga memberitahukan pendapatan yang didapat oleh pihak hotel pada tahun la lu itu mencapai 40%. Angka itu berbanding terbalik dengan tahun ini akibat bencana alam.

"Tahun lalu peningkatan kalau di hotel 30-40% peningkatannya, seperti di daerah yang menjadi tujuan itu pasti terjadi peningkatan angka pendapatannya," tutupnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com