Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Jan 2019 14:56 WIB

Yakin Harga Pangan 2019 Stabil, Mendag: Tak Ada yang Berani Nimbun

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meyakinkan tidak ada lagi pedagang dan pengusaha nakal. Dengan demikian harga-harga kebutuhan pokok bisa lebih stabil di 2019 dan tidak memicu naiknya inflasi.

"Saya juga meyakini sudah tidak ada lagi yang berani bermain main. Para pengusaha swasta dan pedagang yang menimbun bahan pokok sudah tidak ada lagi yang berani melakukan itu," kata Enggar di kantornya, Senin (7/1/2019).

Dari sisi suplai, seperti beras, dia juga menilai dalam kondisi aman. Pasalnya stok di Bulog masih cukup. Disamping itu panen raya akan segera tiba.

"Sekarang stok di Bulog masih ada, masih cukup, dan diharapkan sesuai dengan apa yang disampaikan Kementan bahwa dengan persediaan yang ada dan juga akan mulai panen, maka dari sisi suplainya tersedia," jelasnya.


Kementerian Perdagangan, lanjutnya, juga memastikan pendistribusian kebutuhan pokok berjalan dengan baik.

"Di Kemendag kita mulai dari pendistribusian, saya ingin meyakinkan bahwa dengan akses tol yang ada, tol darat di Jawa, tol laut, itu lebih mempermudah. Itu terbukti di akhir tahun ketersediaan dan pasokan barang di daerah sangat mudah dan itu menekan cost juga," paparnya.


Adanya tiga faktor di atas, Enggar meyakini stabilitas harga di 2019 akan berjalan baik.

"Jadi kalau suplainya ada, distribusinya oke, penimbunan tidak berjalan, Insyaallah (masalah inflasi) itu akan teratasi," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com