Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Jan 2019 23:55 WIB

Gubernur BI Blak-blakan Efek Pemenang Pilpres ke Ekonomi 2019

Iin Yumiyanti - detikFinance
Foto: Iin Yumiyanti/detikcom Foto: Iin Yumiyanti/detikcom
Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menggelar diskusi bersama para pemimpin redaksi media di Gedung BI, Senin malam (7/1/2019). Dalam diskusi tersebut Perry merespons pertanyaan soal apakah pemenang di pilpres nanti akan berpengaruh pertumbuhan ekonomi di 2019.

Seperti diketahui, dalam pilpres nanti pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amien akan bertarung melawan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperebutkan kursi presiden dan wakil presiden.


"Kita lihat dari sisi ekonomi konsumsi 5,2%, social spending, bujet sudah diketok. Spending dari K/L (Kementerian/Lembaga) dengan bujet yang sekarang dengan 1,8% dari defisit itu sebenarnya relatif lebih limited. Yang sekarang itu, beyond yang untuk belanja pegawai, belanja untuk segala macam dilihat dari postur APBN enggak terlalu besar," ujar Perry dalam diskusi bersama pemimpin redaksi media di Gedung BI, Senin malam (7/1/2019).

Sedangkan dari sisi ekspor, menurut Perry, sepanjang masih didominasi komoditas maka tergantung pada permintaan dari luar negeri. Dia mengatakan kemungkinan yang terpengaruh adalah pola investasi, jika ada kelanjutan dan kepastian dari kebijakan maka laju investasi akan lebih tinggi dari perkiraan.


Sebaliknya, apabila ada ketidakpastian dari kebijakan baru tentu saja investor akan menunggu sampai ada kepastian.

"Itu barangkali mungkin pengaruhnya lebih kepada pola investasinya," tutur Perry. (hns/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed