Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Jan 2019 20:00 WIB

Sri Mulyani Siap Beri Insentif demi Genjot Ekspor Maluku

Muslimin Abbas - detikFinance
Foto: Muslimin Abbas/detikcom Foto: Muslimin Abbas/detikcom
Ambon - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi kinerja Bea dan Cukai Maluku yang ikut mendongkrak ekspor. Ia mengatakan kegiatan ekspor dari Maluku tidak lagi melalui Surabaya, Jawa Timur.

"Dari teman-teman Bea dan Cukai sudah mendukung dan membantu kegiatan ekspor langsung dari sini keluar Negeri tanpa melalui Surabaya," kata Sri Mulyani di Maluku, Rabu (9/1/2019).


Sri Mulyani menambahkan, kinerja ekspor di Maluku tumbuh signifikan. Hal ini dilihat dari nilai ekspor yang mencapai ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS).

"Tadi Kepala Kanwil Ditjen Bea dan Cukai menyampaikan jumlah frekuensi ekspornya 150 kali dan jumlah nilai ekspor yang tadinya hanya US$ 1.000 sekarang sudah mencapai ratusan juta dolar AS. Ini sesuai yang luar biasa melonjak tinggi," ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani Siap Beri Insentif Demi Genjot Ekspor MalukuFoto: Muslimin Abbas/detikcom

Sri Mulyani berharap kegiatan ekspor bisa ditingkatkan dan ia siap memberikan insentif fiskal untuk menggenjot ekspor.

"Kegiatan ekspor dan kreatif bisa ditingkatkan, dan kami bersedia bekerja sama dengan Pemda untuk menggunakan instrumen fiskal yang dibutuhkan," tutur Sri Mulyani.


Sri Mulyani menjelaskan siap membantu Pemerintah Daerah Maluku untuk meningkatkan kegiatan ekonomi khususnya dunia usaha di Maluku terutama Kabupaten-Kabupaten yang masih memiliki daerah tertinggal

"Kalau Pak Gubernur nanti akan membangun apakah kawasan pusat ekonomi berikat ataukah kita membutuhkan insentif kepada dunia usaha. Saya akan siap untuk membantu untuk bisa meningkatkan kegiatan ekonomi di Maluku terutama Kabupaten-Kabupaten yang masih memiliki daerah tertinggal," tutup Sri Mulyani. (ara/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed