Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 11 Jan 2019 11:22 WIB

5 Bulan Operasi, LRT Palembang Sudah Angkut 1 Juta Penumpang

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Antara Foto Foto: Antara Foto
Jakarta - Kereta light rail transit atau LRT Palembang, Sumatera Selatan telah beroperasi selama 5 bulan. PT KAI pun mencatat sudah lebih 1 juta penumpang yang naik transportasi 'ular besi' tersebut.

"Peminat LRT semakin membaik, sejak mulai beroperasi pada 23 Juli hingga 9 Januari kemarin, Kami mencatat ada 1 juta penumpang. Ini selama 5 bulan ya, optimis ke depan akan terus meningkat," terang Humas Divre III Palembang, Aida Suryanti, Jumat (11/1/2018).

Selain menargetkan penumpang terus meningkat, KAI selaku pihak operator mengaku menambah jam operasional dari pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB. Dengan begitu penumpang tidak lagi menunggu kereta terlalu lama.

"Untuk headway rata-rata itu 22 menit. Jadi penumpang pun tak terlalu lama lagi menunggu kereta. Apalagi saat ini ada 5 kereta yang beroperasi," katanya.


Dengan 5 kereta itu, dipastikan ada 52 perjalanan dari sebelumnya hanya ada 42 perjalanan yang berangkat Stasiun DJKA menuju stasiun akhir di bandara SMB II Palembang.

Sebagaimana diketahui, LRT Palembang sebelumnya sempat beroperasi dari jam 05.00 WIB hingga 22.00 WIB. Namun karena berbagai pertimbangan, kereta akhirnya hanya beroperasi pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Sementara untuk jumlah kereta yang berjumlah 8 trainset, rencananya akan beroperasi 6 dan sisanya sebagai cadangan.

"2 trainset sebagai cadangan, sementara untuk yang satu trainset sekarang masih tahap sertifikasi. Secepatnya beroperasi untuk menambah headway," tutup Aida.




Saksikan juga video 'Kemenhub Klaim LRT Palembang Sudah Pakai Teknologi Terkini':

[Gambas:Video 20detik]


5 Bulan Operasi, LRT Palembang Sudah Angkut 1 Juta Penumpang


(ras/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed