Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 11 Jan 2019 16:53 WIB

Bandara Kertajati Sepi, Kang Emil Genjot Penerbangan Umrah

Mochamad Solehudin - detikFinance
Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat/Foto: Muhammad Ridho Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat/Foto: Muhammad Ridho
Bandung - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka masih sepi setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, Mei 2018 lalu. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah menyiapkan langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

"Jadi ada dua untuk meramaikan (Bandara) Kertajati di semester ini, satu kita akan mengarahkan yang umrah maksimal di situ, kemudian akan memulai yang haji," kata pria yang akrab disapa Kang Emil, di Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (11/1/2019).


Pada, Rabu (9/1/2019) lalu Kang Emil meninjau Bandara Kertajati bersama Menteri Perhubungan Budi Karya. Keduanya menggelar rapat mencari solusi agar Bandara Kertajati bisa dimaksimalkan.

Menurutnya, pemberangkatan jemaah umrah dari Bandara Kertajati memiliki potensi yang besar. Dalam satu tahun saja ada 600 ribu jemaah umrah asal Jabar setiap tahunnya. Itu merupakan pasar potensial yang bisa dimanfaatkan.


"Yang pergi umrah saja setahun 600 ribu di Jabar saja. Itu sudah banyak sekali kan," katanya.

Langkah ke dua yang disiapkan, adalah melakukan promosi wisata di wilayah, Ciamis, Indramayu, Mejalengka dan Kuningan. Apalagi saat ini Lion Air telah membuka rute penerbangan Balikpapan-Kertajati dan Kertajati-Jakarta.


"Nah kombinasi promosi pariwisata dengan keluarnya penerbangan akan memperamai (bandara) itu kira-kira," ujarnya.

Berbagai langkah itu, dia berharap, keberadaan Bandara Kertajati bisa semakin ramai. Dia juga akan memikirkan cara lain agar Bandara tersebut bisa beroperasi dengan optimal.


Simak video 'Setahun Beroperasi, Kereta Bandara Soetta Sepi Peminat':

[Gambas:Video 20detik]


Bandara Kertajati Sepi, Kang Emil Genjot Penerbangan Umrah
(mso/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed