Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 14 Jan 2019 10:52 WIB

Buka Rakernas, Mentan Janji Dorong Produksi Ayam hingga Sapi

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta -
Menteri Pertanian Amran Sulaiman pagi ini membuka rapat kerja nasional (rakernas) Kementerian Pertania. Di depan ratusan stafnya, Amran mengatakan akan mendorong produksi ayam hingga sapi.
Acara tersebut dibuka pada pukul 09.45 WIB. Hadir pula Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Kabareskrim Polri Arief Sulistyanto, dan Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar.
Dalam sambutannya, ia mengungkapkan sektor pertanian memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Pertama ayam, dengan membagikan 200 ekor di setiap perkampungan.
"Ada beberapa potensi yang akan dibuka, pertama ayam. Ada 200 ekor ayam yang akan dibagikan di kampung agar generasi kita bisa cerdas," kata dia dalam sambutannya, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Kemudian, potensi lainnya adalah lahan rawa sebesar 10 juta ha di seluruh Indonesia. Pihaknya pun menargetkan membuka 500 ribu ha lahan rawa di tahun ini.
Dengan begitu, ia berharap kehidupan petani bisa lebih sejahtera. Pasalnya, lahan rawa akan meningkatkan pendapatan petani hingga enam kali lipat.
"Kemudian ada lahan raya yang tidur 10 juta ha. Kita bangun ini tahun ini 500 ribu ha. Itu kita cetak padi, bebek, ikan, ayam dan intinya protein dan karbo. Jadi petani 6 kali lipat pendapatannya," ungkap dia.
Terakhir, Amran mendorong produksi daging sapi dengan program siwab (Sapi Indukan Wajib Bunting). Sapi tersebut dikembangbiakkan dengan indukan dari Belgian Blue sehingga akan memiliki bobot hingga 2 ton.
"Sekarang ada sapi Belgian Blue. Ini sapi bobot 2 ton, kalau lokal nggak segini," tutup dia.



(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed