Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Jan 2019 11:10 WIB

Jualan Smartphone Lebih Ramai di Momen-momen Ini Lho!

Robi Setiawan - detikFinance
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Berjualan tak selalu ramai pembeli. Ada kalanya sepi atau bahkan lebih ramai dari hari-hari biasanya. Begitu juga yang dirasakan oleh produsen smartphone, OPPO di Indonesia. Ada momen-momen tertentu di mana penjualan smartphone lebih tinggi dari biasanya.

"Yang pasti tahun baru, Natal, Lebaran (Idul Fitri), tahun ajaran baru," kata PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto kepada detikFinance beberapa waktu lalu.

Aryo mengungkapkan penjualan smartphone meningkat pada momen tersebut karena adanya pergeseran kebiasaan, yang membuat smartphone menjadi gaya hidup sekaligus kebutuhan. Misalnya keinginan anak pada momen tahun ajaran baru.


"Kalau zaman kita tahun ajaran baru beli tas, anak sekarang beli gadget," katanya.

Bukan hanya pada tahun ajaran baru, Aryo mengatakan peningkatan penjualan smartphone juga biasanya cukup signifikan terjadi pada masa masuk kuliah atau pendaftaran mahasiswa baru.

Sementara di momen pemilihan presiden (pilpres) seperti saat ini secara garis besar tidak banyak berdampak pada penjualan. Aryo tak memungkiri adanya sedikit penurunan penjualan akibat kebiasaan masyarakat yang lebih mengirit pengeluaran.


"Pilpres sebenarnya enggak ngaruh sih, hanya orang-orangnya lebih menahan diri untuk tidak keluar, untuk saving (menabung)," ungkapnya.

Penurunan penjualan di momen pilpres terjadi sekitar 10% dibanding hari biasa. Dengan kebiasaan masyarakat yang cenderung menahan diri ini, Aryo menyebut perusahaan tetap menjalankan bisnisnya seperti biasa.

"Kalau pilpres gimana jualan, ya jualan saja, hanya memang karakteristik konsumennya jadi gak banyak yang mau beli handphone, enggak banyak yang mau keluar, di mall jadi sepi. Itu sih sebenarnya," jelasnya. (prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com