Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Jan 2019 21:23 WIB

Transparansi Seleksi CPNS, Jokowi: Anak Saya Saja Gak Lulus

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) berbicara mengenai transparansi dalam setiap proses pemilihan pejabat publik maupun politik. Dia bilang, pemilihan harus dilakukan dengan transparan.

"Prinsipnya rekrutmen harus berbasis kompetensi, rekrutmen harus transparan, sederhana, jelas," kata Jokowi dalam debat capres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Jokowi pun mencontohkan salah satu langkah pemerintah saat membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Dia bilang, saat ini seleksi menjadi CPNS dilakukan dengan sangat transparan.


"Kita sudah lakukan contoh rekrutmen ASN, PNS kita sekarang terbuka. Semua bisa cek, hasilnya juga bisa cek," kata Jokowi.

Bahkan, kata Jokowi, anaknya yang mengikuti tes CPNS pun diketahui tak lulus. Semua itu dapat dilihat secara transparan dan tanpa kecurangan.

"Anak saya tidak bisa diterima di situ karena memang tidak lulus," tuturnya.


Sebagai informasi, anak Jokowi yang tak lulus seleksi CPNS adalah Kahiyang Ayu. Anak ke-2 Jokowi ini tak lulus seleksi CPNS di Solo yang digelar pada Oktober 2014 lalu. (fdl/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed