Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Jan 2019 19:34 WIB

Soal Tax Ratio Prabowo, Timses: Tidak Ada Ketakutan Pengusaha

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ristu Hanafi/detikcom Foto: Ristu Hanafi/detikcom
FOKUS BERITA Rencana Pajak Prabowo
Jakarta - Tim sukses Prabowo-Sandi menjamin bahwa pengusaha tanah air tidak ada yang takut dengan rencana calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 yang ingin meningkatkan tax ratio.

Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo mengatakan rencana peningkatan tax ratio pun sudah pernah dicanangkan Jokowi-JK saat musim kampanye tahun 2016.

"Pada saat pak Jokowi menyebut 16% dulu, tidak ada ketakutan dari pengusaha," kata Dradjad saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (18/1/2019).


Dradjad menceritakan, Jokowi-JK melalui nawacita pun pernah menargetkan tax ratio menjadi 16%. Namun faktanya hingga saat ini yang dicapai oleh Ditjen Pajak baru 8,4% di tahun 2017 (tax ratio dalam arti sempit). Sedangkan dalam arti luas, tax ratio tahun 2018 mencapai 11,6%.

Para pengusaha nasional tidak perlu khawatir dengan rencana tersebut, kata Dradjad karena target tersebut tidak diterapkan dalam jangka pendek. Bahkan, pihak Prabowo-Sandi pun sudah memiliki strategi untuk mencapai hal tersebut.

"Sekarang Mas Bowo (Prabowo Subianto) menargetkan 16% juga, untuk rasio pajak dalam arti luas, dalam waktu 5 tahun sama dengan pak Jokowi," ungkap Dradjad.

(hek/eds)
FOKUS BERITA Rencana Pajak Prabowo
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed