Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Jan 2019 10:02 WIB

Kopi hingga Snack RI Laku Rp 14 Miliar di AS

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Foto: Dok. KJRI San Francisco Foto: Dok. KJRI San Francisco
Jakarta -

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) San Francisco menggaet delapan perusahaan untuk kerja sama promosi pangan di the 44th Winter Fancy Food Show (WFFS), San Francisco, California Amerikat Serikat (AS). Promosi dibuat untuk memperluas akses pasar dan produk Indonesia di pasar AS.

WFFS sendiri dihadiri 20.000 pengunjung. Di selenggarakan pada 13-15 Januari 2019 lalu, Indonesia membuat paviliun dengan tema The Remarkable Indonesia. Produk makanan dan minuman yang dipromosikan mulai dari teh organik, sambal kecombrang, selai kacai kenari, snack kacang, bumbu masakan, minuman herbal kopi dari Papua, Sumatera sampai Toraja.

Berbagai produk ini yang dipromosikan oleh delapan perusahaan, seperti PT Kapal Api Global, PT Manohara Asri, Jawa Import, Epiglo LLC (produk Mustika Ratu, Opal Coffe), PT Harendong Green Farm, Javara Indonesia, PT Rasaprima Sukses, dan Rasa Rempah Nusantara.


Sementara, Konsul Muda Ekonomi KJRI San Francisco, Berhan A. Muqtadir menyatakan selama berlangsungnya pameran, partisipan mencatat potensi transaksi total sekitar US$ 1,03 juta atau Rp 14,5 miliar. Kemungkinan, ada potensi lain pasca pertemuan antara partisan dan mitra lokal yang minat terhadap makanan dan minuman khas Indonesia.

"Indonesia perlu perkuat pasar produk kategori chips dan snacks untuk ditawarkan ke pengunjung WFFS tahun 2019, karena jenis produk tersebut merupakan kategori specialty foods dengan tingkat penjualan ketiga tertinggi di pasar AS dengan total penjualan US$ 3,84 miliar pada 2017." Ujar Berhan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/1/2019).


Namun selain itu, pasar kopi dan coklat di AS juga menurutnya sangat terbuka luas. WFFS merupakan pameran perdagangan tahunan di Pantai Barat AS.

Tahun ini WFFS diikuti oleh 1.500 peserta yang berasal dari sekitar 30 negara serta dihadiri oleh sekitar 20.000 pengunjung dari perusahaan retailer, food service provider, importir, eksportir, distributor, dan wholesale.

Kopi hingga Snack RI Laku Rp 14 Miliar di ASFoto: Dok. KJRI San Francisco


(bri/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com