KPPU Duga Ada Kartel Tiket Pesawat, Menhub: Silakan Periksa

Saifan Zaking - detikFinance
Senin, 21 Jan 2019 12:33 WIB
Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Jakarta - Harga tiket yang mahal telah menjadi perbincangan dalam beberapa minggu terakhir. Bahkan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menilai adanya indikasi permainan harga atau kartel.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mempersilakan pihak KPPU untuk memeriksa apakah terjadi permainan harga tarif tiket maskapai. Ia juga meyakini bahwa para maskapai penerbangan tidak melakukan kecurangan.

"Saya pikir silahkan KPPU masuk (cek), saya pikir KPPU berwenang untuk itu, silahkan lihat, kalau menurut saya tidak," tuturnya di kantornya, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Budi pun tidak menampik kemungkinan akan melakukan deregulasi mengenai kebijakan tarif tiket pesawat. Namun, ia memberitahukan, untuk saat ini hal tersebut harus didiskusikan terlebih dahulu dengan pihak terkait.


"Mungkin saja, kita juga siap untuk melakukan deregulasi apabila regulasi kita membuat mereka itu sulit, ya nanti kita lihat apa yang jadi masukan ya," tambahnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Komisioner KPPU Afif Hasbulllah mengatakan terkait kenaikan harga tiket maskapai, pihaknya masih melakukan pendalaman.

"Kami sedang mendalami, kami sedang mengkaji. Tetapi memang ada tanda-tanda untuk kesepakatan itu bisa jadi. Tapi ini bukan judgement. Karena apa pasar kita cenderung oligopolitis. Pemainnya juga belum begitu banyak," kata Afif Hasbullah kepada wartawan di Kantor KPPU Surabaya Jalan Basuki Rahmat, Rabu (16/1/2019).

"Ini masih indikasi. Kalau nanti menjadi fakta dan data, bisa saja, tidak menutup kemungkinan dilakukan proses lidik," tandasnya.


Saksikan juga video 'Dampak Tiket Pesawat Mahal, Jasa Ekspedisi Ikut Naik':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)