Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Jan 2019 13:45 WIB

Masuk Daftar Pemikir Terbaik Dunia, Susi: Aku Dianggap Pintar

Hendra Kusuma - detikFinance
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Foto: Grandyos Zafna Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Majalah Foreign Policy setiap tahunnya merilis nama-nama dalam Top 100 Global Thinker. Dalam rilisan terbarunya, nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masuk dalam daftar tersebut.

Lalu bagaimana respon Susi Pudjiastuti?

"Senang saja. Berarti aku dianggap pintar dong. Pemikirannya dianggap bagus dong. Gitu saja," kata Susi di Komplek Istana, Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2019).


Daftar tersebut dibagi ke dalam beberapa klasifikasi. Susi, ada di kelas Defense and Security bersama sembilan nama besar lainnya. Susi dianggap berhasil dalam mempertahankan dan mengamankan pasokan ikan dalam negeri dengan cara memberantas kapal-kapal pencuri ikan.

Menurut Susi, aksi penenggalaman kapal merupakan bentuk pengamanan perairan Indonesia.

"Kan penenggelaman untuk security. Ya mungkin itu saja maksudnya. Ya gembira, bangga. Gini-gini saya pemikirannya diakui gitu kan," ujar dia.


Susi dikenal soal keberaniannya meledakkan dan menenggelamkan kapal pencuri ikan di teritori Indonesia. Cara Susi ini juga menimbulkan pro dan kontra.

Susi juga dinilai tak malu dengan menggunakan cara yang menakutkan itu. Pendekatannya ini sukses menurunkan tingkat pencurian ikan dalam negeri namun meningkatkan ketegangan dengan China. (hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed