Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Jan 2019 18:19 WIB

Terendam Banjir, 385 Hektar Sawah di Banten Gagal Panen

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Ilustrasi sawah terendam banjir/Foto: Uje Hartono/detikcom Ilustrasi sawah terendam banjir/Foto: Uje Hartono/detikcom
Serang - 385,5 hektare sawah di Banten gagal panen karena tergenang banjir akibat curah hujan tinggi. Kepala Dinas Pertanian Banten Agus Tauchid mengatakan curah hujan tinggi mengakibatkan 3.184 hektar sawah tergenang banjir pada Januari 2019.

Dari jumlah tersebut, yang mengalami gagal panen ada 385,5 hektar sawah. Luas sawah terendam banjir terbesar di Pandeglang 231 hektar dan kabupaten Serang seluas 152,5 hektar.


Sementara di Lebak, dari 139 hektar sawah yang banjir hanya ada 2 hektar yang gagal panen. Kecamatan paling banyak terdampak lanjutnya terjadi di daerah langganan banjir seperti di Kecamatan Patia, Pagelaran, Cisata dan Cinangka.

"Yang pasti yang puso yang kena lintasan air hujan, limpahan air hujan yang mengakibatkan sekian persen sawah mengalami puso," kata Agus Tauchid kepada detikcom, Serang, Banten, Rabu (23/1/2019).

Ia melanjutkan, gagal panen ini terjadi pada sawah petani dengan umur padi baru 1 bulan. Petani katanya belum merugi terlalu banyak karena ongkos tanam masih minim.


"Kebetulan yang puso masih umur padi satu bulan. Tingkat kerugian petani belum begitu besar karena ongkos pupuk belum besar tapi gagal panen. Di sini petani kehilangan jeda waktu tanam," ujarnya.

Bagi yang mengalami kerugian, kata Agus pihaknya sedang mendata berapa petani yang rugi. Mereka disiapkan benih oleh Dinas Pertanian.


Sedangkan petani yang sudah mengasuransikan tanamannya dalam skema Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), mereka mendapatkan skema ganti rugi Rp 4 juta untuk setiap petak sawah yang diasuransikan.

"Premi asuransi ini 36 ribu, disubsidi pemerintah mereka mendapatkan Rp 4 juta," pungkasnya. (bri/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed