Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Jan 2019 13:30 WIB

Daftar Produk RI yang Dijagokan Ekspor ke Jepang

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan ada beberapa produk unggulan yang akan diekspor melalui penjurian di ajang Good Design Indonesia (GDI) 2019.

Menurut Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Arlinda produk unggulan tersebut harapannya bisa masuk ke pasar ekspor. Sehingga kemudian bisa diproduksi secara massal.

"Suatu produk yang memiliki peluang di pasar ekspor. Itu harapannya yang bisa (diproduksi massal ke depan) sepeda bambu, coffe maker, dan scarf batik," kata dia di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Lebih lanjut, ia menjelaskan pendaftaran produk di ajang ini bertambah dari sebelumnya 6 menjadi 16 kategori. Harapannya, semakin banyak produk yang bisa menembus pasar ekspor.

Adapun 16 kategori tersebut, yaitu household item, for healthcare and hobby, kitchen tools and home appliances, information and communication technologies equipment, dan furniture.



Selain itu, ada pula mobility, product for medical care and manufacturing, product for shop and public space, housing, construction for industry, media, aplikasi, service, hingga activity for the general public.

"Itu kan ada 16 kategori. Sebelumnya ada enam, jadi kalau bertambah yang ikut dan menang bisa lebih banyak," ungkapnya.

Sementara itu, Arlinda juga menargetkan agar produk dapat masuk ke pasar Jepang dan juga mitra dari Jepang.

"Ditargetkan bisa masuk di pasar Jepang. Jadi saya menginginkan agar produk kita mungkin bisa masuk ke pasar Jepang dengan cara-cara seperti ini, dengan memperkenalkan desain dan produk kita pada pameran G-Mark," paparnya.

"Kalau sudah masuk di G-Mark, biasanya produk-produk ini tidak hanya diterima di pasar Jepang, tapi juga di negara-negara yang menjadi mitra dagang Jepang," tutup dia.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com