Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 25 Jan 2019 13:48 WIB

Janji Sejahterakan Guru Honorer, Sandi: Kita Beri Gaji Layak

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Cawapres Sandiaga Uno/Foto: Dok. Instagram Sandiaga Uno Cawapres Sandiaga Uno/Foto: Dok. Instagram Sandiaga Uno
Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno menerima keluhan dari perwakilan guru honorer di Kabupaten Karawang saat safari ke Kabupaten Bekasi dan Karawang beberapa hari lalu.

Saat itu, Sandiaga berdialog langsung dengan perwakilan guru honorer di Kabupaten Karawang. Perwakilan guru honorer itu mengeluh gaji para tenaga honorer yang sangat kecil dan dibayarkan tiga bulan sekali.

"Saya mewakili dari guru-guru tidak tetap pak. Saya dan teman-teman di sini sangat menderita karena gaji kami dibayar tiga bulan sekali dan itu juga kecil. Kami bekerja mengabdi untuk mencerdaskan anak bangsa tapi kenyataannya selama ini guru seperti kami ini kurang diperhatikan oleh pemerintah pak. Bagaimana Pak Sandi akan mengatasi persoalan ini?," ujar perwakilan guru honorer dalam kesempatan itu.


Menanggapi keluhan itu, Sandiaga mengatakan seharusnya guru honorer mendapat perhatian yang lebih baik dan diperlakukan secara adil. Dia pun berjanji bila terpilih dalam Pilpres nanti akan meningkatkan kesejahteraan guru honorer.

"Yang jadi sorotin di sini, guru-guru honorer merasa diperlakukan secara tidak adil. Betul? Padahal guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan sudah lama dijanjikan. Prabowo-Sandi yakin bahwa janji itu adalah utang dan bakal dipenuhi dengan meningkatkan kesejahteraan para guru honorer," ujar pria yang akrab disapa Sandi dalam keterangan tertulis Timses Prabowo-Sandi, seperti ditulis Jumat (25/1/2019).

Sandi menjelaskan ia dan pasangannya Prabowo Subianto berkomitmen untuk menyejahterakan seluruh masyarakat Indonesia, termasuk para guru honorer. Dia berjanji untuk bisa memberikan gaji setara upah minimum seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah saat ini.


"Guru-guru honorer, kita telah tanda tangan komitmen dan InsyaAllah di bawah Prabowo-Sandi guru-guru, pahlawan tanpa tanda jasa ini, kita berikan kesejahteraan yang lebih baik dan peningkatan statusnya juga akan kita pikirkan. Kita juga akan berikan gaji yang layak paling tidak sesuai dengan upah minimum yang telah ada ditetapkan oleh pemerintah," jelas Sandi.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi IX Putih Sari mengaku mendukung rencana Prabowo-Sandiaga untuk menyejahterakan para tenaga didik honorer. Menurutnya mereka layak diberikan kompensasi dan penghargaan atas pengabdian yang diberikan untuk mencerdaskan generasi penerus Bangsa ini.


"Bismillah, InsyaAllah saya komit bersama Pak Prabowo dan Bang Sandi akan suarakan aspirasi guru-guru honorer ini. Jika guru-guru ini tidak diberikan penghargaan dan kompensasi yang layak itu bagaimana dengan para anak-anak didiknya, bagaimana bisa mereka memberikan pendidikan yang tuntas dan berkualitas," tegasnya.

Lebih lanjut, politisi Gerindra ini mengatakan Prabowo Sandi bukanlah pihak yang suka mengumbar janji. Apalagi terkait soal gaji para guru honorer.

"InsyaAllah, saya yakin Pak Prabowo dan Pak Sandi akan bawa Indonesia lebih baik, adil dan makmur. Mereka bakal membawa kesejahteraan bagi rakyat terutama guru-guru honorer ini," tutupnya. (fdl/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed