Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 27 Jan 2019 07:55 WIB

Profil Eka Tjipta Widjaja, Pendiri Sinar Mas yang Wafat Kemarin

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. Istimewa/Gandi Sulistiyanto (Managing Director Sinar Mas Group) Foto: Dok. Istimewa/Gandi Sulistiyanto (Managing Director Sinar Mas Group)
Jakarta - Kabar duka datang dari Sinar Mas Group. Sang pendiri, yang juga pengusaha nasional, Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia di usia 98 tahun pada Sabtu malam (26/1/2019).

Nama Eka Tjipta Widjaja sudah tak asing lagi di Indonesia. Apalagi dia ada daftar orang terkaya RI versi Forbes.

Majalah Forbes yang kembali merilis jajaran orang terkaya di Indonesia tahun 2018 menempatkannya di urutan ke 3 untuk orang terkaya di Indonesia.

Kekayaannya berdasarkan Forbes adalah US$ 8,6 miliar atau setara Rp 124,7 triliun dengan mengacu kurs Rp 14.500 per dolar AS. Kekayaan itu sekaligus menempatkannya sebagai orang terkaya yang paling tua di Indonesia.


Eka lahir di China 98 tahun lalu pada Februari 1921. Dia adalah pendiri Sinar Mas Group yang punya banyak konglomerasi bisnis.

Diberitakan Forbes, Eka yang hijrah dari China ke Indonesia sudah mengasah jiwa bisnisnya sejak muda. Dia memulainya dengan menjajal bisnis biskuit saat remaja.

Dia pindah ke Indonesia saat usianya 9 tahun, dan mulai menjual biskuit pada usia 17 tahun.



Saat ini, perusahaannya, Sinar Mas punya banyak lini bisnis, mulai dari properti, bank, perkebunan, industri, telekomunikasi dan lainnya.

Di bidang pendidikan, Eka bisa dibilang juga cemerlang. Dia menerima gelar Doktor kehormatan dalam bidang Ekonomi dari Pittsburg State University. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed