Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Jan 2019 11:45 WIB

Mengintip Pasar Ikan Muara Baru yang Disulap Susi Jadi Kinclong

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Pasar Ikan Modern (PIM), begitu predikat yang disematkan pada sebuah bangunan yang digadang-gadang menjadi 'Tsukiji' nya Indonesia di sebuah kawasan tepi laut di Muara Baru. Tsukiji merupakan pasar ikan terbesar di Jepang yang terkenal sebagai surganya para pecinta ikan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melihat kawasan Muara Baru potensial menjadi serupa dengan Tsukiji yang begitu populer akan produk hasil perikanannya di seantero Jepang bahkan dunia.

"Kita akan bangun Muara baru seperti Tsukiji. Kita akan bangun pelelangan. Dengan adanya pelelangan, ikan dibongkar dari kapal. Jangan dari gudang. Sebab, sekarang ini semua kapal masing-masing masuk ke gudangnya. Kita akan buat pasar ikan terbesar," ujar Susi pada 2016 silam.




Di atas lahan seluas 2 ha, sebuah bangunan yang dinamakan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru pun dibangun sejak awal tahun 2018 lalu. Setahun setelahnya, bangunan yang akan menjadi pasar ikan modern pertama di Indonesia tersebut pun rampung.

Berdasarkan pantauan detikFinance di lokasi, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (29/1/2019), saat ini sejumlah proses finishing tengah dilakukan. Seluruh pekerjaan sipil telah rampung dan menyisakan sisa pekerjaan beautifikasi.

Mengintip Pasar Ikan Muara Baru yang Disulap Susi Jadi KinclongFoto: Eduardo Simorangkir

Bangunan dengan dinding kaca yang menjadi penampakan depan PIM Muara Baru menambah kesan modern pasar ikan ini. Di sebelah kiri gedung terdapat eskalator yang membawa naik ke lantai dua, yakni food court terbuka yang akan menjadi pusat wisata kuliner perikanan nantinya.

Sementara di area belakang gedung, terhampar ratusan lapak penjual ikan yang beralaskan keramik. Nantinya tempat tersebut akan menjadi lapak baru bagi 992 unit lapak yang ada di pasar ikan lama yang berada tepat di sebelah PIM ini.




Adapun PIM Muara Baru dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung antara lain Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL), kios/lapak, ruang pengepakan, gerai peralatan maritim, ruang pertemuan, area parkir yang luas, cold storage berkapasitas 50 ton, bongkar muat hingga pengepakan.


Mengintip Pasar Ikan Muara Baru yang Disulap Susi Jadi KinclongFoto: Eduardo Simorangkir


Setelah bangunan PIM Muara Baru rampung, proses pengalihan operasi kepada Perum Perikanan Indonesia (Perindo) akan dilakukan. Hal ini berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Nomor 130/KEP-DJPDSPKP/2018 tentang Penugasan kepada Perusahaan Umum Perikanan Indonesia sebagai Pengelola Sementara Operasionalisasi Pasar Ikan Modern Muara Baru.

Rencananya proses relokasi pedagang akan segera dilakukan setelah penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Perum Perindo dengan Ditjen PDSPKP ditanda tangani. Sementara peresmian pasar ikan modern ini rencananya akan dilakukan pada Februari 2019 mendatang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com