Belanja Ikan di Pasar Ikan Modern Buatan Susi Bayarnya Non Tunai

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Selasa, 29 Jan 2019 14:31 WIB
Foto: Istimewa/KKP
Jakarta - Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru di Penjaringan, Jakarta Utara segera beroperasi. Sebanyak 892 kios basah dan 155 kios kering akan mengisi pasar ikan tersebut.

Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perindo) akan menjadi pengelola pasar ini, sesuai Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Nomor 130/KEP-DJPDSPKP/2018. Sekretaris Perusahaan Perum Perindo Agung Pamujo mengatakan nantinya seluruh transaksi di PIM Muara Baru akan dilakukan cashless alias non tunai.

"Rencananya kita akan pakai cashless semua (transaksi). Dengan nama modern kan harapannya bisa cashless," katanya kepada detikFinance saat ditemui di lokasi, Selasa (29/1/2019).




Beberapa bank BUMN telah menawarkan kerjasama untuk menyiapkan sistem transaksi non tunai tersebut.

"Ada bank Mandiri, BRI, BNI, termasuk dari Telkom yang khusus untuk pembayaran elektronik juga sudah menawarkan," kata Agung.

Adapun PIM Muara Baru akan ditempati oleh para pedagang eksisting yang sebelumnya berjualan di lokasi pasar yang lama. Di pasar yang baru tersebut, jumlah lapak/kios sebanyak 892 kios basah dan 155 kios kering.

Pasar beroperasi setiap hari mulai pukul 16.00 - 24.00 WIB. Selanjutnya, proses relokasi pedagang akan segera dilakukan setelah penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Perum Perindo dengan Ditjen PDSPKP ditandatangani.

"Perum Perindo terus mengupayakan utilisasi seluruh lapak baik lapak basah maupun lapak kering dapat optimal. Tim telah melakukan beberapa sesi sosialisasi kepada pedagang," kata Agung. (eds/dna)