Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Jan 2019 15:02 WIB

Susi Minta Jepang Bebaskan Bea Masuk Ikan Asal RI

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Produk perikanan dari Indonesia yang masuk ke Jepang masih dikenakan bea masuk. Hal tersebut dirasa memberatkan pemerintah Indonesia ketika melakukan ekspor ke Jepang.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudiastuti meminta pemerintah Jepang untuk membebaskan tarif impor perikanan hingga nol persen. Sebab, tarif saat ini masih berada di angka tujuh persen.

"Tolong approve (setujui) pembebasan tarif impor perikanan kita, ini bukan untuk pelaku bisnis Indonesia saja, tapi juga perusahaan Jepang. Harapannya dari tujuh persen bisa menjadi nol persen," jelasnya di depan sejumlah pengusaha perikanan Jepang yang hadir di Kantor pusat KKP, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Perusahaan-perusahaan Jepang yang hadir dalam forum tersebut, yakni FTI Japan Co., Ltd, PT Daisei Retail Indonesia, Nichirei Logistics Group Inc, Hanwa Co., Ltd, Harada Corporation, Dah Chong Hong (Japan) Ltd, PT Seino Indomobil Logistics, PT Sumitomo Indonesia, Taiho Shoji Co., Ltd, Zensho Holdings Co., Ltd, PT Sinfonia Technology Indonesia, Okamoto Seihyo, Musashi Industry.




Susi pun mengatakan, Indonesia menginginkan pembebasan tarif dilakukan tanpa syarat. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Jepang di sektor perikanan.

"Kita minta tarif nol tanpa syarat, tidak mau barter tarif itu dengan kebijakan, saya tidak ingin membarter pembebasan tarif dengan kebijakan sustainability yang tengah kita lakukan, intinya kita mau ngembangin lebih banyak potensi bisnis Indonesia dan Jepang," jelasnya.




Ia menambahkan, dalam sektor perikanan, Indonesia berada jauh lebih unggul dibandingkan negara yang lain. Sebab, wilayah perairan Indonesia sangat luas, sehingga hasil tangkapan ikan para nelayan pun jauh lebih besar.

"Saya yakin kami punya tuna lebih banyak daripada yang lain," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com