Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 30 Jan 2019 22:30 WIB

Bahas Investasi Bareng Darmin, Anies Genjot Kemudahan Bisnis di DKI

Trio Hamdani - detikFinance
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Foto: Rengga Sancaya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sore ini menghadiri pertemuan dengan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. Pertemuan digelar di kantor Darmin, Jakarta.

Keduanya membahas tingkat kemudahan berusaha alias ease of doing business (EoDB) Indonesia, khususnya di Jakarta. Menurut Anies, usai pertemuan diinginkan kemudahan berusaha di Jakarta lebih ditingkatkan lagi.

"Tadi rapat koordinasi dengan Pak Menko (Darmin) terkait usaha usaha untuk membuat EoDB di Jakarta bisa peningkatannya makin signifikan," katanya di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/1/2019).


Peringkat indeks kemudahan berusaha (EODB) Indonesia sendiri turun dari 72 menjadi 73 pada 2018. Anies tak menjelaskan soal target target tertentu dalam meningkatkan kemudahan berusaha itu.

Anies hanya memastikan walaupun peringkat kemudahan berusaha Indonesia turun, namun dari sisi skor atau penilaian mengalami kenaikan.

"Jadi ada dua hal yang berbeda, satu adalah skor, kedua ranking. Skornya meningkat, itu yang harus kita tingkatkan. Kalau ranking itu adalah bagaimana negara, kota lain," paparnya.


Dia menjelaskan, untuk urusan ranking ini tergantung bagaimana negara-negara lain dalam meningkatkan skor di negaranya.

"Jadi yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan skor kita secara signifikan sehingga dibandingkan peningkatan (negara-negara) yang lain kita meningkat rankingnya," ujarnya.

Dia memastikan, pihaknya akan mengebut peningkatan skor kemudahan berusaha di atas rata rata negara lain. Dengan begitu ranking EoDB Indonesia secara keseluruhan bisa naik dari negara lain.

"Skor kita juga meningkat kemarin dibanding 2016 ke 2017. Tetapi peningkatan itu dibandingkan tempat (negara) lain, tempat lain lebih tinggi. Jadi dua hal beda itu. Nah kita kebut kepada peningkatan skornya yang mudah-mudahan meningkatkan rankingnya," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed