Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 31 Jan 2019 19:45 WIB

Ada Izin Online Terpadu, Luhut: Tak Ada Lagi Kasus Seperti Meikarta

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan pemerintah telah melakukan terobosan dalam upaya mempermudah perizinan. Salah satunya, dengan online single submission (OSS).

Luhut mengatakan, dengan OSS perizinan terintegrasi dari pusat hingga daerah. Sistem ini akan mencegah penyalahgunaan sehingga kasus seperti Meikarta tidak terjadi.


"Ada suatu breakthrough yang dibuat presiden. Saya bilang presiden, 'Pak OSS itu dampaknya besar. Saya bilang OSS karena semua terintegrasi dari pusat hingga daerah'," kata dia dalam acara DBS Asian Insights Conference di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

"Seperti kasus Meikarta itu ke depan mestinya nggak terjadi lagi," tambahnya.


Luhut melanjutkan, OSS juga akan membuat orang berpikir berkali-kali untuk mengeluarkan uang banyak demi meraih jabatan tertentu.

"Apa dampak lain, orang yang mau jadi bupati, wali kota, gubernur, dengan uang Rp 10 miliar, Rp 20 miliar, Rp 100 miliar dan dengan pikiran dapat return dari jabatan itu, dia akan berpikir 10 kali," paparnya.


Dia berharap sistem ini akan mendorong terwujudnya pemimpin-pemimpin bersih. Lantaran, sistem perizinan dalam OSS terhubung satu sama lain.

"Itu akan lama-lama kita lihat ekuilibriumnya daerah, bupati, gubernur, 5-10 tahun ke depan pemimpin-pemimpin yang bersih," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed