Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 03 Feb 2019 17:14 WIB

Senja Kala Metromini

Cerita Pilu Sopir Metromini: Mau Jadi Ojol Tak Punya Motor

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
FOKUS BERITA Senja Kala Metromini
Jakarta - Metromini kini mulau masuk masa senja, tergerus perkembangan zaman dan makin gencarnya peremajaan transportasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Di balik fenomena itu, ada cerita pilu yang datang dari pengemudi alias sopir Metromini. Bagi mereka, pindah profesi bukan perkara mudah.

Jali mislany, pengemudi Metromini jurusan Lebak Bulus-Blok M ini mengungkapkan kepiluannya yang hanya bisa pasrah dengan mulai pudarnya eksistensi Metromini. Keahliannya hanya mengemudi, namun dirinya tak punya kendaraan untuk dikemudikan kecuali Metromini yang saat ini dikendarainya.




Pernah mencoba menjadi pengemudi taksi online, namun penghasilanya dianggap tak seberapa karena masih menggunakan mobil orang lain. Pilunya lagi, ingin jadi pengemudi ojek online (ojol) pun Jali tak bisa karena tak punya sepeda motor.

"Narik Grab pernah, tapi ya gitu pakai mobil orang juga. Mesti bayar juga, belum lagi ngerinya kalau itu mobil lecet apa kenapa gitu kan, udah angus kali tuh akunnya juga, mau daftar yang motor gak punya motor," ungkap Jali saat berbincang sembari memacu Metromininya.




Kini, Jali cuma berharap satu hal, dia hanya ingin tetap mengemudikan Metromini untuk menyambung hidupnya. Metromini di matanya tidak akan pernah ada matinya, meskipun sudah ditekan kanan kiri, meskipun juga penumpangnya sudah dicuri sana sini.

Begitulah Metromini mulai pudar dari mata masyarakat, kemunculan transportasi-transportasi baru di Jakarta mulai menggeser bus oranye-biru ini. Di ujung jurang eksistensinya, kini bus legendaris ini bagaikan berada di fase 'hidup segan, mati tak mau'. (dna/dna)
FOKUS BERITA Senja Kala Metromini
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed