Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Feb 2019 08:31 WIB

Kumpul di Kantor Darmin, Pengusaha Logistik Mau Curhat Tol Mahal

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution pagi ini mengumpulkan para pengusaha logistik di kantornya, Jakarta Pusat. Pengusaha logistik yang hadir dari pihak swasta maupun BUMN.

Agenda tersebut dijadwalkan berlangsung pukul 07.30 WIB dan dilaksanakan secara tertutup.

Pengusaha logistik yang hadir terkumpul dalam beberapa asosiasi, di antaranya Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Express Indonesia (ASPERINDO), dan Asosisasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo).

Wakil Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Rianto yang ikut dalam pertemuan tersebut mengatakan, ada beberapa hal yang akan dibahas, salah satunya Sistem Logistik Nasional (Sislognas).

"Dari mulai soal Sislognas, sistem logistik nasional, dan rencana rencana aksi yang ada di dalam Sislognas apakah sudah dijalankan apa belum. Kan Siglognas itu membahas mengenai rantai pasokan Indonesia dan logistiknya," katanya, Rabu (6/2/2019).

Para pengusaha logistik juga akan menyampaikan masukan masukan terkait masalah di bidang logistik.


"Menginventarisasi ya masalah masalah di bidang supply chain dan logistik, apa apa yang belum dijalankan dan masih menjadi masalah gitu. Masing masing asosiasi diminta memberikan masukan," ujarnya.

Dia mengatakan, pelaku usaha di sektor tersebut juga akan menyampaikan mahalnya tarif tol yang belakangan ini dikeluhkan, serta tarif kargo pesawat yang disebutnya naik sehingga menjadi lebih mahal.

"Salah satunya tarif tol yang tinggi, kemudian untuk yang angkutan udara itu yang naik ya biaya kargo ya, kargo pesawat yang naik. Kemudian tingkat persaingan BUMN, banyak BUMN yang menciptakan jasa logistik, yang bersaingan dengan industri swasta," tambahnya.



Saksikan juga video 'Jokowi: Yang Suruh Makan Jalan Tol Siapa?':

[Gambas:Video 20detik]


Kumpul di Kantor Darmin, Pengusaha Logistik Mau Curhat Tol Mahal



(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed