Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 07 Feb 2019 14:03 WIB

Tiket Pesawat Aceh-Surabaya Rp 4,1 Juta, Garuda: Itu Harga Normal

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Muncul kabar menyebutkan bahwa tiket penerbangan dari Aceh belum turun. Kabar tersebut menyebutkan bahwa tiket Aceh ke Surabaya dipatok Rp 4,1 juta untuk pesawat maskapai Garuda Indonesia.

Menanggapi hal tersebut VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan mengatakan bahwa untuk rute dari Aceh ke Surabaya dengan harga di atas memanglah wajar. Belum lagi mengingat Aceh-Surabaya harus transit dahulu di Jakarta.

"Kan dari Aceh ke Surabaya memang ada transit dulu ya, jadi ya wajar harga segitu, itu harga normalnya kita memang seperti itu," ungkap Ikhsan kepada detikFinance, Kamis (7/2/2019).

Lebih lanjut, menurut Ikhsan harga tersebut masih bisa disebut wajar. Alasannya, karena memang masih ada di bawah tarif atas yang ditentukan pemerintah.

"Harga kita itu sudah ada range-nya pas di antara tarif atas dan tarif bawah pada PM14. Dari Aceh ke Jakarta saja itu tarif atasnya sekitar Rp 2,9 juta, lalu ditambah lagi Jakarta ke Surabaya sekitar Rp 1,6 juta, tinggal tambahkan saja," jelas Ikhsan.



Ikhsan juga menjelaskan bahwa tarif penerbangan memang tidak seragam. Dalam satu penerbangan misalnya, besar atau kecilnya tarif ditentukan lewat waktu pemesanan.

Semakin jauh dari keberangkatan harga bisa lebih murah, semakin dekat maka harga akan makin mahal.

"Nah tinggal bagaimana waktu belinya aja. Kalau kamu beli sebulan dua bulan sebelum berangkat pasti dapat lebih murah, kalau makin mepet seperti seminggu sebelumnya ya makin mahal," ungkap Ikhsan.

"Dalam kasus ini mungkin yang available itu tiket harga maksimalnya karena belinya mepet," tambahnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Insight With Desi Anwar
Insight With Desi Anwar Selengkapnya