Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 10 Feb 2019 14:31 WIB

Salip Bisnis Mebel Jokowi, Berapa Modal Sang Pisang Punya Kaesang?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibuat heran dengan bisnis milik Kaesang Pangarep, anak bungsu dari orang nomor satu di Indonesia itu. Pasalnya bisnis sang anak telah menyalip kesuksesan pabrik mebel miliknya.

Kaesang, dalam sebuah kesempatan wawancara dengan detikFinance, menerangkan mulai merintis bisnis pisang nugget sejak akhir 2017, bermodal uang kurang dari Rp 60 juta.

"Sang Pisang ini kita mulai sejak November 2017 ya. Modalnya di bawah Rp 100 juta, di bawah Rp 60 juta. Melihat ada oh ini ada potensi, celah sedikit yang bisa bikin untung, ya sudah (berbisnis)," kata dia akhir 2018 lalu.


Tak asal memulai bisnis, Kaesang melakukan riset terlebih dahulu. Itu dia lakukan selama tiga bulan untuk mengetahui respons pasar mengenai cita rasa pisang nugget buatannya.

Setelah menemukan resep yang dianggap enak, Kaesang pede untuk mulai menjual pisang nugget racikannya.

"Yang pasti untuk Sang Pisang kita butuh research and development. Jadi kita butuh waktu sampai tiga bulan sampai orang-orang 'oh ini emang makanan enak'. Jadi saya nggak sembarangan punya pisang goreng terus jual," tambah dia.


Sebelumnya, Jokowi lewat akun Instagram miliknya, seperti dilihat detikFinance, Minggu (10/2/2019) sempat meremehkan bisnis Sang Pisang yang dirintis Kaesang.

"Apa sih ini pisang goreng nugget ini? Kenapa Kaesang tak mau mengurus perusahaan mebel yang saya rintis dari nol?," ujar Jokowi.


Jokowi baru menaruh perhatian kepada bisnis sang anak setelah mengetahui Sang Pisang sudah memiliki 54 cabang. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun penasaran ongkos produksi dan omzet yang didapat Kaesang.

"Ternyata, dihitung-hitung, pabrik saya sendiri sudah kalah oleh Sang Pisang. Bagaimana bisa" kata Jokowi. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed