Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Feb 2019 12:57 WIB

Biro Jodohnya Para Eksekutif, Biaya Daftarnya hingga Ratusan Juta

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Foto: Getty Images Foto: Foto: Getty Images
Jakarta - Bisnis biro jodoh merupakan salah satu bisnis yang tak lekang oleh waktu. Bahkan saat ini industri biro jodoh terus berkembang dengan berbagai klasifikasi.

Lunch Actually misalnya, perusahaan biro jodoh asal Singapura ini sudah ada di Indonesia sejak 5 tahun yang lalu. Bahkan 2 tahun yang lalu perusahaan ini mengakuisisi biro jodoh lokal yang bernama Setipe.

Lunch Actually sendiri merupakan biro jodoh khusus untuk para eksekutif atau pekerja profesional. Tarif yang dipasang oleh biro jodoh ini juga cukup mahal yakni dari yang termurah Rp 10 juta hingga Rp 129 juta.

"Jadi ada beberapa paket, bedanya jumlah orang yang dikenalin dalam kurun waktu tertentu. Untuk yang Rp 10 juta dalam 10 bulan untuk dikenalin sama 1 orang. Kalau yang Rp 129 juta dikenalin sama 20 orang," terang Assitant Branch Manager Lunch Actually, Yunita Ridevianti kepada detikFinance di Revenue Tower, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Syarat utama untuk menjadi anggota Lunch Actually adalah pekerja profesional dan tentu saja lajang. Jika sudah menikah dan berpisah, maka diharusnya memiliki bukti surat cerai dan surat kematian.

"Karena kita memang khusus untuk pekerja profesional, enggak bisa sembarang," tambahnya.


Selain membayar uang pendaftaran, calon anggota nanti juga akan melalui proses pendataan mulai dari nama, tempat tinggal, pekerjaan, agama hingga etnis. Calon anggota juga harus mengisi kriteria pasangan yang diidamkan.

Setelah itu mereka akan bertemu dengan dating consultant untuk proses interview. Dalam proses itu, Lunch Actually akan menggali lebih dalam tentang karakter si kliennya.

"Kita obrolin tentang latar belakang keluarga, pendidikan, keseharian ngapain saja, visi misi ke depannya seperti apa, diharapkan dengan data itu kita bisa tahu orang ini lebih baik. Karena itu caranya untuk kita bisa bantu cari pasangannya. Jadi kita bisa bayangkan kira cocoknya sama yang seperti apa," terang Yunita.

Saat ini Lunch Actually sudah memiliki sekitar 900 anggota, 70% di antaranya adalah perempuan. Kebanyakan anggotanya berusia di sekitar 30-40 tahun. Namun ada anggotanya yang berusia 24 tahun dan paling tua berusia 53 tahun.



(das/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed