Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 17 Feb 2019 16:36 WIB

KKP Minta Perum Perindo Kelola Aset Kulkas Raksasa

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) kerja sama dengan Perum Perikanan Indonesia (Perindo) guna memperkuat sistem logistik sektor perikanan nasional. Kerja sama ini diharapkan bisa mendorong sistem logistik yang terintegrasi dan meningkatkan kualitas serta nilai perikanan Indonesia.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Rifky E Hardijanto menuturkan, pemanfaatan cold storage yang produktif akan menjadikan produk perikanan lebih berdaya saing baik di pasar domestik maupun pasar international.

Perum Perindo akan memanfaatkan cold storage di tiga lokasi yakni cold storage kapasitas 50 ton di PPN Prigi, cold storage kapasitas 400 ton di PPN Brondong, dan cold storage kapasitas 100 ton di PPN Ternate.


"Cold store adalah komponen penting, agar kualitas perikanan kita lebih baik. Maka dari itu, kami (KKP) bersinergi dengan Perum Perindo untuk mengelola beberapa aset cold storage kita," tutur Rifky dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

KKP memberikan kepercayaan kepada Perum Perindo karena memang perusahaan BUMN milik pemerintah dan ini bukan karena apa pun tapi memang untuk pemenuhan pemanfaatan aset negara demi kesejahteraan masyarakat. Pasalnya investasi di BUMN butuh proses yang panjang baik birokrasi, pembiayaan maupun lainnya.

"Dengan sama-sama pemerintah akan lebih mudah dibandingkan dengan swasta," ujarnya.

KKP berpesan kepada Perum Perindo untuk bisa memanfaatkan cold storage ini dengan baik, dirawat dengan benar, agar cold store yang ada ini bisa memberikan manfaat besar terhadap pembangunan ekonomi nasional.


"Sektor perikanan punya potensi untuk peningkatan ekonomi masyarakat, dan perikanan nasional kita," tuturnya.

Pemanfaatan cold store ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 5 Tahun 2014 tentang Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN), merupakan upaya pemerintah mengatur dan menata logistik hasil perikanan untuk memenuhi kebutuhan dan konsumsi pangan masyarakat secara berkelanjutan. (das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed